Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Tomat di Desa Labuan Toposo Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala
RINGKASAN
Rizka M ( E 321 09 111) AnalisisPemasaranTomat Di DesaLabuan ToposoKecamatanLabuanKabupatenDonggalaDibimbing oleh Made AntaradanAbdul. Muis, 2015.
Sektorpertanianmerupakansalahsatusektor yang diandalkanuntukmenunjanglajupertumbuhanekonominasional.Sektorpertanianterbuktimampumenunjangpemulihanekonomibangsadandiharapkanmampumemberikanpemecahanpermasalahansebagianbesarpenduduk Indonesia.KomoditiTomatmerupakankomoditipendukungsubsektortanamanpangan.Sulawesi Tengah merupakansalahsatudaerah yang berpotensiuntukpengembanganTomat.
Penelitianinidilaksanakan di DesaLabuan ToposoKecamatanLabuanKabupaten Donggala.Mengambilsebanyak 30respondendari 50 petanidenganmenggunakanmetodesampelacaksederhana (Simple Random Sampling).Selainitu, menetukanrespondenpedagangdigunakanmetodepenjajakanresponden(Tracing Sampling)dengan,mengambil pedagangpengumpulsebanyak 2 orang danpedagangpengecersebenyak 2 orang. Jumlahkeseluruhanrespondensebanyak 34responden.
Hasilanalisismenunjukanbahwa total margin pemasarantomat yang diperolehuntuksaluranpertamaRp1.000dan total margin pemasaranTomat yang diperolehuntuksalurankeduayaitusebesarRp 2.000.Bagianharga yang diterimapetanipadasaluran I sebesar60% danBagianharga yang diterimapetanipadasaluran II sebesar66,67%. Dengandemikian, bagianharga yang paling besarditerimapetaniadalahpadasalurandua.
SaluranpemasaranTomatasalDesaLabuan Toposoadaduasaluranyaitu :
1. Petani Pedagang Pengumpul Pengecer Konsumen.
2. Petani Pedagang Pengecer Konsumen.
Saluranpertamanilaiefisiensisebesar8,65%,dan salurankeduanilaiefisinsinyasebesar9,20%. Dari duasaluranpemasaranTomattersebut, saluranpemasaran yang efisienadalahsaluranpertama.
Tidak tersedia versi lain