Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan kabupaten Donggala.
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan kabupaten Donggala.

Saprianti - Nama Orang;

Saprianti (E 321 09 235) Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, dibimbing oleh Alimudin Laapo, dan Dafina Howara, 2015.
Indonesia merupakan negara yang sebagian wilayahnya terdiri dari laut. Perairan laut Indonesia mempunyai berbagai macam keunggulan karena terletak di daerah tropis dan memiliki keanekaragaman hayati yang besar sehingga komoditas hayati yang dapat dikembangkan juga beragam. Salah satu sumber daya hayati yang cukup potensial dari perairan laut Indonesia adalah rumput laut (seaweed) dengan berbagai jenisnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran rumput laut pada masing-masing saluran pemasaran, 2). Untuk mengetahui efisiensi pemasaran rumput laut pada masing-masing saluran pemasaran..
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Jumlah responden 25 orang petani rumput laut. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dan penentuan responden pedagang pengumpul sebanyak 1 orang dilakukan dengan cara penjajakan (Tracing sampling).
Hasil analisis menunjukkan Margin pemasaran keseluruhan untuk saluran pertama adalah Rp 4.700 dan Margin pemasaran pada saluran kedua tidak ada karena petani rumput laut langsung menjual produknya kepada konsumen akhir tanpa melalui perantara atau lembaga pemasaran.
Saluran pemasaran Di Desa Lalombi ada dua saluran yaitu :
1. Petani Rumput Laut Pedagang Pengumpul Konsumen
2. Petani Rumput Laut Konsumen
Saluran pertama nilai efisiennya sebesar 2,1% dan nilai efisien pada saluran kedua adalah sebesar 0,1%. Dari kedua nilai efisiensi pada saluran I dan II yang paling efisiensi adalah saluran II.
Kata Kunci : Pemasaran, Rumput Laut



Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2016030Agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
631 SAP a Skripsi 2016
Penerbit
Palu : Fakultas Pertanian Untad., 2016
Deskripsi Fisik
xiii, 42 hlm,: Ilus; 30 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
631
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Ekonomi Pertanian
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Saprianti
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?