Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan kabupaten Donggala.
Saprianti (E 321 09 235) Analisis Pemasaran Rumput Laut di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala, dibimbing oleh Alimudin Laapo, dan Dafina Howara, 2015.
Indonesia merupakan negara yang sebagian wilayahnya terdiri dari laut. Perairan laut Indonesia mempunyai berbagai macam keunggulan karena terletak di daerah tropis dan memiliki keanekaragaman hayati yang besar sehingga komoditas hayati yang dapat dikembangkan juga beragam. Salah satu sumber daya hayati yang cukup potensial dari perairan laut Indonesia adalah rumput laut (seaweed) dengan berbagai jenisnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran rumput laut pada masing-masing saluran pemasaran, 2). Untuk mengetahui efisiensi pemasaran rumput laut pada masing-masing saluran pemasaran..
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lalombi Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala Jumlah responden 25 orang petani rumput laut. Penentuan responden dilakukan dengan metode acak sederhana (Simple Random Sampling) dan penentuan responden pedagang pengumpul sebanyak 1 orang dilakukan dengan cara penjajakan (Tracing sampling).
Hasil analisis menunjukkan Margin pemasaran keseluruhan untuk saluran pertama adalah Rp 4.700 dan Margin pemasaran pada saluran kedua tidak ada karena petani rumput laut langsung menjual produknya kepada konsumen akhir tanpa melalui perantara atau lembaga pemasaran.
Saluran pemasaran Di Desa Lalombi ada dua saluran yaitu :
1. Petani Rumput Laut Pedagang Pengumpul Konsumen
2. Petani Rumput Laut Konsumen
Saluran pertama nilai efisiennya sebesar 2,1% dan nilai efisien pada saluran kedua adalah sebesar 0,1%. Dari kedua nilai efisiensi pada saluran I dan II yang paling efisiensi adalah saluran II.
Kata Kunci : Pemasaran, Rumput Laut
Tidak tersedia versi lain