Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Semangka di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.
Yusnia ( E 321 09 204) Analisis Pemasaran Usahatani Semangka di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi . Di bimbing oleh Abdul Muis dan Sulaeman, 2016
Saluran distribusi (pemasaran) adalah rute dan status kepemilikan yang ditempuh oleh suatu produk ketika produk ini mengalir dari penyediaan bahan mentah melalui produsen sampai ke konsumen akhir. Saluran ini terdiri atas semua lembaga atau pedagang perantara yang memasarkan produk barang/jasa dari produsen sampai ke konsumen. Di sepanjang saluran distribusi terjadi beragam pertukaran produk, pembayaran, kepemilikan dan informasi.
Penelitian dilaksanakan di Desa Maranata Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Mengambil 30 responden dari 96 produsen dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Selain itu, mengambil responden pedagang digunakan metode penjajakan responden (Tracing Sampling) dengan pedagang mengumpul sebanyak 2 orang dan pedagang pengecer sebanyak 2 orang. Jumlah keseluruhan responden senbanyak 34 responden.
Hasil analisis menunjukan bahwa total margin pemasaran semangka yang diperoleh untuk saluran pertama Rp. 2.000,00 dan total margin pemasaran semangka yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp. 1.500,00. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebasar 42%. Bagain harga yang diterima produsen pada saluran kedua sebasar 57%. Dengan demikian, bagian harga yang paling besar diterima produsen adalah pada saluran kedua. Saluran pemasaran Semangka di Desa Maranata terdapat dua saluran yaitu :
1) Petani Pedagang Pengumpul Pengecer Konsumen
2) Petani Pedagang Pengecer Konsumen
Saluran pertama nilai efisiensinya sebesar 8,94%, sedangkan saluran kedua nilai efisiensnya sebesar 7,61%. Dari dua saluran pemasaran semangka tersebut, saluran pemasaran yang efisien adalah saluran kedua.
Tidak tersedia versi lain