Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Titik Pulang Pokok Abon Sapi Pada Industri Rumah Tangga “Althaf Food” Di Kota Palu
Oksri Gonta (E 321 11 040).Analisis Titik Pulang Pokok Abon Sapi pada Industri Rumah Tangga “Althaf Food” di Kota Palu (dibimbing oleh Wildani Pingkan dan Dafina Howara. 2015)
Industri rumah tangga Althaf Food merupakan usaha yang berskala rumah tangga memproduksi abon sapi yang berasal dari daging sapi sehat sewaktu dipotong. Industri ini mempunyai 2 (dua) jenis ukuran abon sapi yang diproduksi yaitu ukuran 200 gr dan 100 gr. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya penerimaan yang diperoleh industri rumah tangga “Althaf Food” dalam kurun waktu satu bulan, besarnya produksi yang dihasilkan dan biaya yang dikeluarkan sehingga mencapai titik pulang pokok dan besarnya Margin of Safety agar tetap memperoleh laba.
Penelitian ini dilaksanakan di industri rumah tangga “Althaf Food” pada Bulan September-Oktober 2015, dengan menggunakan data yang terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yaitu pimpinan usaha serta karyawan yang berjumlah 3 orang, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan literatur yang relevan dengan tujuan penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan yang diperoleh industri rumah tangga Althaf Food pada Bulan September untuk produk abon sapi 100 gr adalah sebesar Rp 6.000.000,00 dari banyaknya produk 200 kemasan dan total biaya sebesar Rp 5.224.921,18, sehingga memperoleh pendapatan sebesar Rp 775.078,82. Analisis titik pulang pokok untuk produk abon sapi 100 gr adalah 33 kemasan dengan harga Rp 30.000,00/kemasan, penerimaannya sebesar Rp 990.000. Margin of Safety untuk produk abon sapi 100 gr adalah 83,5%. Produk abon sapi 200 gr memperoleh penerimaan sebesar Rp 4.800.000,00 dari banyaknya produk 80 kemasan dan total biaya sebesar Rp 4.287.936,94, sehingga memperoleh pendapatan sebesar Rp 512.063,06. Analisis titik pulang pokok untuk produk abon sapi 200 gram adalah 46 kemasan dengan harga 60.000,00/kemasan, penerimaannya sebesar Rp 2.760.2000. Margin of Safety adalah 42,5%.
Tidak tersedia versi lain