Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Segmentasi Pasar dan GeomarketingProduk Olahan CokelatSulawesi Tengah di Kota Palu
Muhammad Rizal Faiz (E 321 12 049). Analisis Segmentasi Pasar dan Geomarketing Produk Olahan Cokelat Sulawesi Tengah di Kota Palu (Wildani Pingkan S. Hamzens dan Yulianti Kalaba).
Potensi akan produk olahan cokelat berbahan dasar kakao Sulawesi Tengah cukup besar jika diusahakan. Produksi olahan cokelat khususnya untuk cokelat Sulawesi Tengah masih tergolong berisiko karena sudah banyaknya produk olahan serupa yang telah lama beredar dan telah memiliki brand yang sudah cukup terkenal. Segmentasi pasar menjadi salah satu solusi dalam mendesain produk berdasarkan keinginan konsumen dan Geomarketing menjadi salah satu alat dalam melihat bagaimana konsumen tersebut terletak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pasar akan produk olahan cokelat dan letak di mana konsumen yang termasuk dalam segmen tersebut, sehingga kedua informasi ini dapat digunakan dalam menyusun strategi pemasaran yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palu tepatnya di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Palu Barat, Palu Timur, Palu Selatan, Tatanga dan Mantikulore dengan pertimbangan bahwa kelima kecamatan ini sudah cukup dalam menggambarkan tingkat konsumsi, preferensi dan sikap dalam membeli produk olahan cokelat masyarakat Kota Palu. Waktu pelaksanaan penelitian ini dilakukan selama 4bulan (Januari - April 2016). Sampel yang diambil berjumlah 102 orang dari 5 kecamatan yang dibagi secara proporsional terhadap populasinya.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis yang bersifat deskriptif kualitatif, yang terdiri dari analisis segmentasi pasar dan analisis Geomarketing serta interpretasinya ke dalam strategi pemasaran produk olahan cokelat Sulawesi Tengah.Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini, diketahui bahwa segmen pasar untuk produk olahan cokelat terbagi atas 3 segmen yaitu segmen 1 yang merupakan segmen terbesar namun tingkat konsumsi dan kecenderungan dalam membeli rendah tetapi memiliki pengeluaran yang tinggi, segmen 2 yang merupakan segmen terkecil dengan tingkat konsumsi, sikap dalam membeli dan pengeluaran yang moderat dan segmen 3 yang merupakan segmen kedua terbesar dengan tingkat konsumsi dan kecenderungan dalam membeliproduk olahan cokelat yang tinggi serta pengeluaran yang cukup besar. Pusat perbelanjaan yang berpotensi dalam melakukan penempatan produk ialah Transmart Galara Mall Palu, Palu Grand Mall serta BNS (Bumi Nyiur Swalayan) Pusat beserta cabangnya.
Tidak tersedia versi lain