Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng Pada Industri Sri Rejeki
Trisnawati Lestari Bulo E 321 11 028. Strategi Pengembangan Usaha Bawang Goreng Pada Industri Sri Rejeki. (Dibimbingoleh Effendy dan Rukavina Baksh)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha bawang goreng pada industri Sri Rejeki. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan secara sengaja (Purposive) dengan pertimbangan bahwa usaha ini merupakan usaha yang berpotensi dandapat berkembang dalam memproduksi serta memasarkan bawang goreng khasdi Kota Palu. Responden yang digunakan terdiri dari pemilik dan karyawan industri bawang goreng Sri Rejeki, dengan jumlah 5 orang sebagai responden. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer dan data sekunder sesuai kebutuhan penelitian. Analisis data yang digunakan ialah analisis SWOT. Hasil identifikasi faktor-faktor lingkungan produk bawang goring Sri Rejeki, pada factor lingkungan internal terdapat 3 kekuatandan 3 kelemahan, sementarapadafactorlingkunganeksternalterdapat 3 peluangdan 3 ancaman. Berdasarkandarihasilperpaduanantara IFAS dan EFAS padaMatriks SWOT sehinggamenghasilkanstrategi SO ( Strength-Opportunities) sebesar 3,78 yang berada pada posisi kuadranII ,maka alternative strategi yang dapat digunakan ialah menggunakan kekuatan internal dengan faktor ancaman eksternal produk bawang goreng pada Sri Rejeki di Kota Palu. Strategi SO dapat memaksimalkan faktor kekuatan internal untuk menghindari atau mengurangi dampak faktor-faktor ancaman dan terus memanfaatkan peluang secara maksimal.
Kata kunci : SWOT, Strategi Pengembangan Industri, Bawang Goreng
Tidak tersedia versi lain