Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras pada Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin” di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi
Irfan Zidni AS (E 321 09 139). Strategi Pemasaran Ayam Ras Petelur pada Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin” di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Dibimbing oleh Hadayani dan Sulaeman.
Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin” merupakan usaha peternakan ayam ras petelur yang berada di Kabupaten Sigi. Perusahaan tersebut pernah mengalami kerugian akibat penurunan harga yang terjadi beberapa waktu lalu, yakni dari kisaran Rp36.000,00-Rp39.000,00 per rak menjadi Rp30.000,00-Rp35.000,00 per rak. Kurangnya pendapatan semakin terasa karena penurunan harga terjadi di saat harga pakan justru terus meninggi. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin”. Penelitian ini dilaksanakan di Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin” di Desa Sunju Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi dari bulan Agustus sampai Oktober 2015. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT, dengan menggunakan Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi lingkungan eksternal dan internal Peternakan Ayam Ras Petelur “H. Arifin” adalah strategi melakukan promosi melalui media sosial, mengadakan layanan antar gratis bagi pembeli yang membeli dalam jumlah besar, menggalakkan pengolahan pakan sendiri, memenuhi kapasitas produksi secara maksimal, dan menambah karyawan pemasaran dan membeli komputer.
Tidak tersedia versi lain