Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan Pada Industri Rapoviaka Cokelat Di Kota Palu
Zakia (E 321 12 033). Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan Pada Industri “Rapoviaka Cokelat” Di Kota Palu. Pembimbing Hj.Hadayani an Lien Damayanti
Industri “Rapoviaka Cokelat” merupakan salah satu usaha yang memproduksi cokelat olahan. Cokelat merupakan komoditi yang strategis untuk dikembangkan, hal ini dikarekan banyak industri yang mampu untuk mengembangkan komoditi tersebut, namun dalam pengembangan ini dibutuhkan strategi yang baik dalam pengembangannya.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahuistrategi pengembangan usaha cokelat olahan pada Industri Rapoviaka Cokelat di Kota Palu. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 4 orang yang terdiri dari 2 orang pihak internal dan 2 orang dari pihak eksternal. Penelitianinidilaksanakandi Industri Rapoviaka Cokelat pada bulanJuni – Agustus 2016, data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yaitu pimpinan industri “Rapoviaka Cokelat”, karyawan industri “Rapoviaka Cokelat”. konsumen, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan literatur yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis dengan menggunakan matriks SWOT IFAS dan EFAS bahwa posisi strategi industri “RapoviakaCokelat” berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan – Peluang (SO), beberapa strategi pengembangan usaha cokelat olahan yang tepat untuk diaplikasikan pada industri “Rapoviaka Cokelat” yaitu (a) Memanfaatkan cbahan baku yang memadai dengan sebaik mungkin sehingga memiliki produk cokelat olahan yang berkualitas baik,(b) Memanfaatkanproduk serta memberikan rasa yang khas dari cokelat,sehingga dapat bersaing dengan IKM-IKM lainnya,(c) Memiliki harga yang terjangkau dikalangan masyarakat sehingga memungkinkan produk tersebut dapat dipasarkan diberbagai kalangan serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat menjadi produk unggulan pemerintah Kota Palu.
Tidak tersedia versi lain