Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Kopi Bubuk Pada industri Bumi Mutiara di Kecamatan Mantikulore Kota Palu
Misri ( E 321 12 025 ). Analisis Pemasaran Kopi Bubuk Pada industri “Bumi Mutiara” di Kecamatan Mantikulore Kota Palu, dibimbing oleh Hadayanidan
Yulianti Kalaba, 2016.
Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Kopi tidak hanya berperan penting sebagai sumber devisa melainkan juga merupakan sumber penghasilan bagi tidak kurang dari satu setengah juta jiwa petani kopi di Indonesia.Industri Bumi Mutiara merupakan salah satu pabrik pengolahan pangan yang memproduksi kopi bubuk. Kopi bubuk yang dihasilkan lebih dikenal dengan nama kopi bubuk asli "Sari Wangi" khas kulawi. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk saluran pemasaran, besar marjin pemasaran, bagian harga yang diterima produsen pada masing-masing saluran pemasaran dan mengetahui besarnya nilai efesiensi pemasaran kopi bubuk pada masing-masing saluran pemasaran kopi bubuk pada industri Bumi Mutiara di Kecamatan Mantikulore Kota Palu.
Penelitian ini di laksanakan di industri “ Bumi Mutiara” Jl. Palu Nagaya II No. 29 Kecamatan Mantikulore Kota Palu pada bulan Mei sampai Juni2016. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive). Jumlah responden sebanyak 8orang, terdiri 1 orang pimpinan industri Bumi Mutiara, 3 orang pedagang pengecer dan 4orang konsumen.
Menjawabtujuandaripenelitian ini maka digunakan beberapa pendekatan, yaitu : a) Pendekatanyang digunakanuntukmengetahuibentuksaluranpemasaranadalahpendekatanmetodedeskriptif, b) Pendekatan yang digunakanuntuk mengetahuiatau menghitung besarnya margin pemasaran maka dapat digunakan rumus M = H_p - H_k , dimana M = Margin Pemasaran,Hp = Harga Produsendan Hk = Harga Konsumen, dan untuk mengetahui margin total pemasaran (MT) darisemualembagapemasaran yang terlibatdalampemasaran kopi bubukBumiMutiaradapat dihitung dengan menggunakan rumusM_t = M_1+ M_2+M_3…M_n,dimanaM_t= Margin Total Pemasaran danM_I,M_2,M_3...M_n= Margin dari setiap pemasaran. c) Pendekatanyang digunakanuntukmengetahui bagian harga yang diterima oleh produsen dariharga yang dibayarkanolehkonsumenakhirdapat dihitung dengan menggunakan rumus Sf = P_f/P_r x 100%, dimana Sf = Bagian harga yang diterima produsen, Pf = Harga ditingkat produsen dan Pr = Harga Konsumen akhir. d) pendekatan yang digunakanuntuk mengetahui nilai efesiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran digunakan rumus EP_s = (TB/TNP) X 100% , dimana EPs = Efesiensi Pemasaran, TB = Total Biaya Pemasaran dan TNP =
Tidak tersedia versi lain