Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Ikan Tuna pada Usaha Kelompok Nelayan di Desa Bahari Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una
Fitria (E 321 10152).Analisis Pemasaran Ikan Tuna pada Usaha Kelompok Nelayan di Desa Bahari Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una(dibimbingolehSaharia Kassa danDafina Howara, 2015).
Ikan tunamerupakan salah satu komoditi ekspor andalan Indonesia yang termasuk dalam keluarga Scombroida.Pemasaran ikan tuna di Desa Bahari mengalami banyak perbedaan harga yang relatif rendah di antara jumlah yang dibayarkan oleh konsumen dengan jumlah harga yang ditentukan oleh nelayan yang tentunya berpengaruh terhadap margin pemasaran. PermasalahanPenelitianBagaimana bentuk salauran pemasaran ikan tuna di Desa Bahari, Berapa besar margin pemasaran ikan tuna di Desa Bahari, Berapa besar bagian harga ang diterima oleh Nelayan ikan tuna di Desa Bahari, Berapa tingkat efisiensi yang telah dicatat dalam pemasaran ikan tuna di Desa Bahari.
Penelitian betujuan untukBentuk saluran pemasaran di Desa Bahari, Besar margin pemasaran ikan tuna di Desa Bahari, Besarnya bagian harga yang di terima oleh nelayan ikan tuna di Desa Bahari, Tingkat efisiensi pemasaran ikan tuna di Desa Bahari. Penelitianinidilaksanakan di Desa Bahari Kecamatan Tojo Kabupaten Tojo Una-una bulan Januari-Februari 2015.Jumlahrespondendalampenelitianiniadalah 30 orang nelayandarijumlahpopulasisebanyak 100 orang nelayanikan tuna.Jumlahpopulasidiambildari 10 kelompoknelayan, masing-masingkelompokdiwakili 3 orang anggotanelayan.Kemudianuntukrespondenpedagangikan tuna 5 orang digunakanmetodepenjajakan(trancingmethode), sehinggadiperolehmasing-masing 2 orang pedagangpengumpuldan 3 orang pedagangpengecer.Analisis data yang digunakanialahanalisisdeskriptif, margin pemasaran, margin total pemasaran dan efisiensi pemasaran diperolehnilai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa,saluran pemasaran ikan tuna terdiri atas dua saluran yaitu,saluran pertama terdiri atas Nelayan Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen dan saluran kedua terdiri atas Nelayan Pedagang Pengecer Konsumen.Saluran pertama mempunyai margin total sebesarRp15.000/kg, sedangkan saluran kedua mempunyai margin total sebesar Rp 10.000/kg.Hal ini disebabkan saluran kedua harga pada konsumen akhir berbeda dengan harga konsumen akhir pada saluran pertama. Bagian harga yang diterima oleh Nelayan ikan tuna pada saluran pertama sebesar 62 %, sedangkan saluran kedua mempunyai bagian harga yang diterima sebesar sebesar 83 %.Hal ini disebabkan saluran kedua harga perkilonya pada konsumen akhir berbeda dengan harga konsumen akhir pada saluran pertama. Nilai efisien pada saluran petama sebesar 12,5% dan nilai efisien pada saluran kedua sebesar 13%, sehingga dapat dilihat saluran kedua lebih efisien.
Tidak tersedia versi lain