Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Tahu padaIndustriTahu “Vivi” di Kota Palu
Nurlina E 321 12 129 Strategi Pengembangan Usaha Tahu pada Industri Tahu “Vivi” di Kota Palu. Pembimbing Arifuddin Lamusa dan Wildani Pingkan Tahun 2017 .
Pengembangan agroindustri dapat menjadi pilhan yang strategis dalam menanggulangi permasalahan ekonomi.Kedelai merupakan komoditas multimanfaat dan memilki kandungan yang tinggi, cita rasa kedelai yang khas juga menjadikanya sebagai salah satu bahan makanan masyarakat, salah satunya adalah tahu.
Industri Tahu “Vivi” merupakan salah satu industri yang menghasilkan produk olahan dengan berbahan dasar kedelai, lokasi industri tahu “Vivi” Jl. Buah Pala No. 09, RT 08, RW 04, Kelurahan Boyauge Kecamatan Tatanga Kota Palu Sulawesi Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pendapatan yang diperoleh Industri Tahu “Vivi” dalam memproduksi Tahu dan mengetahui strategi pengembangan usaha tahu pada industri tahu “Vivi” .Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2016, data yang digunakan dalam penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis pendapatan dan Analisis SWOT.
Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa pendapatan yang diperoleh industri tahu “Vivi” pada bulan januari sampai bulan februari adalah sebesar Rp.32.318.058,-.Berdasarkan hasil analisis penelitian dengan menggunakan analisis SWOT, maka dapat disimpulkan bahwa posisi strategi pengembangan usaha tahu pada industri tahu “Vivi” berada pada kuadran I (satu), posisi ini menunjukan strategi yang difokuskan bagi pengembangan usaha Tahu “Vivi” yaitu menggunakan strategi S-O yaitu dengan menggunakan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.
Tidak tersedia versi lain