Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Titik Pulang Pokok Usaha Kopi Jahe pada IKM Sal- Han di Kota Palu
Hardin M. Hamsir (E 321 13 076). Analisis Titik Pulang Pokok Usaha Kopi Jahe pada IKM Sal- Han di Kota Palu (di bimbing oleh Made Antara dan Daffina Howara, 2017).
Kopi Jahe adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh IKM Sal-Han yang dijadikan oleh-oleh khas kota Palu. Rasa dan aroma kopi jahe IKM Sal-Han yang begitu khas dan memiliki kualitas yang tahan lama membuat banyak konsumen yang ada di Kota Palu maupun di luar Kota Palu mengkonsumsi dan menjadikan kopi jahe sebagai oleh-oleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Titik Pulang Pokok Usaha Kopi Jahe pada IKM Sal- Han di Kota Palu.
Penelitian dilaksanakan di IKM Sal-Han jl. Sis-Aljufri No 48 Palu pada bulan Februari 2017 hingga maret 2017. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan atau pemilik IKM Sal-Han dan dua karyawan bagian produksi.Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Break Even Point atau Tititk Pilang Pokok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tititk pulang pokok untuk produk kopi jahe kemasan 200 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 51 (empat puluh delapan) kemasan dengan harga Rp 25.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp 1.275.000/3 bulan, untuk produk kopi jahe kemasan 300 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 8 (tiga puluh enam) dengan harga Rp 45.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp 360.000/3 bulan, untuk produk kopi jahe kemasan 400 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 11 (tiga puluh sembilan) dengan harga Rp 50.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp 550.000/3 bulan dan untuk produksi kopi jahe kemasan 500 gr dicapai pada volume produksi sebanyak 6 (tiga puluh sembilan) dengan harga 50.000/kemasan maka nilai penjualan pada saat titik pulang pokok sebesar Rp 300.000/3 bulan.
Tidak tersedia versi lain