Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Dodol Rumput Laut pada UMKM Citarasaku di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi.
Sasmita Mansur Karim (E 321 11 074) Analisis Pemasaran Dodol Rumput Laut pada UMKM Citarasaku di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Dibimbing oleh Hj. Saharia Kassa dan Abdul Muis, 2017.
Pemasaran merupakan proses yang harus dilalui produsen untuk menyalurkan produknya hingga sampai ke tangan konsumen. Seringkali dijumpai adanya rantai pemasaran yang panjang dengan banyak pelaku pemasaran yang terlibat. Akibatnya, balas jasa yang harus diambil oleh para pelaku pemasaran menjadi besar yang akhirnya akan mempengaruhi tingkat harga. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalis bentuk saluran pemasaran dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku di Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi, (2) menganalisis margin pemasaran dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku, (3) menganalisis bagian harga yang diterima produsen dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku, (4) menganalisis efesiensi pemasaran dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku. Penelitian ini dilakasanakan di Jl. Kramat Jaya No. 51 Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi pada Bulan November sampai Desember 2016. Penentuan responden pada UMKM Citarasaku dilakukan secara sengaja (purposive) dengan jumlah responden sebanyak 3 orang yang terdiri atas 1 orang pimpinan dan 1 orang karyawan bagian pemasaran dan 1 orang bagian produksi,Penentuan responden pedagang digunakan metode penjajakan (tracing methode), yaitu pengambilan sampel berdasarkan informasi dari produsen dodol rumput laut UMKM Citarasaku, dari hasil penjajakan diketahui lembaga pemasaran yang terlibat sehingga diperoleh 1 orang pedagang pengecer dan 6 orang konsumen, dimana lembaga tersebut merupakan pedagang yang ada di Kota Palu.Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis margin pemasaran, analisis bagian harga yang diterima produsen dan analisis efesiensi pemasaran. Hasil analisis menunjukan bahwa ada dua saluran pemasaran dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku yaitu (1) Produsen Pedagang pengecer Konsumen (2) Produsen Konsumen. Margin pemasaran pada saluran pertama dari produsen ke pedagang pengecer sebesar Rp. 5.000 untuk kemasan 150 gr dan Rp. 5.000 untuk kemasan 300 gr. Sedangkan pada saluran dua tidak ditemukan margin pemasaran karena tidak ada lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran. Jadi pada saluran pertama margin totalnya adalah sebesar Rp. 10.000. Bagian harga yang diterima oleh produsen dodol rumput laut UMKM Citarasaku pada saluran pertama yaitu 61,5% untuk kemasan 150 gr dan 75% untuk kemasan 300 gr untuk saluran kedua bagian harga yang diterima produsen dodol rumput laut sama-sama mempunyai nilai yang sama yaitu 100% untuk kedua kemasan. Efesiensi dari kedua saluran pemasaran dodol rumput laut pada UMKM Citarasaku pada saluran pertama sebesar 8,81% dan saluran pemasaran kedua sebesar 1,29%. saluran pemasaran yang paling efesien adalah saluran kedua dimana nilai efesiensinya lebih kecil daripada saluran pemasaran pertama yaitu sebesar 1,29%.
Tidak tersedia versi lain