Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Beras Di Desa Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli

Nurhidaya - Nama Orang;

Nurhidaya (E 321 12043) Analisis Pemasaran Beras di Desa Bangkir Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli (dibimbing oleh Hj Hadayani dan Arifuddin Lamusa) 2017
Sektor pertanian merupakan salah satu basis yang sangat diharapkan untuk menunjang pertumbuhan ekonomi, baik pada saat ini maupun dimasa yang akan datang. Pembangunan disektor pertanian perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak, karena sebagian besar penduduk Indonesia hidup di pedesaan dan bermata pencaharian sebagai petani.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran beras, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efisiensi pemasaran beras.
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bangkir, Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Tolitoli. Mengambil sebanyak 40 responden dari 420 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method). Selain itu untuk menentukan responden pedagang di gunakan metode penjajakan responden (Tracing Sampling Method) sebanyak 5 orang pedagang.
Hasil analisis menunjukan bahwa Saluran pemasaran beras di Desa Bangkir ada dua saluran yaitu :
a. Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Pengecer Konsumen.
b. Petani Pedagang Pengumpul Pedagang Besar Pedagang
Pengecer Konsumen.
Total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp1.500,00 dan total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp 2.000,00. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 83,33 % dan Bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 78,94 %, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama.Saluran pertama nilai efisiensinya sebesar 6,0 %, sedangkan saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 8,6 %. Dari dua saluran pemasaran beras tersebut, saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pertama.




Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2017039Agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2017
Deskripsi Fisik
xiii, 70 Hlm,: Ilus; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2017
Subjek
-
Info Detail Spesifik
xiii, 70 Hlm,: Ilus; 29 cm
Pernyataan Tanggungjawab
Nurhidaya
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?