Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat (Studi Kasus pada Industri Sa’Adah Agency) di Kota Palu.
Anisah (E 321 13 063). Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Banua Cokelat (Studi Kasus pada Industri Sa’Adah Agency) di Kota Palu. (Dibimbing oleh Saharia Kassa dan Wildani Pingkan S. Hamzens 2017).
Industri Sa’adah Agency atau lebih dikenal salah satu merek produknya yaitu Banua Cokelat masih memiliki modal yang relatif rendah, keterbatasan modal usaha juga menghambat industri dalam menambah peralatan modern, sehingga penggunaan alat produksi masih tergolong sederhana, yang merupakan suatu kelemahan atau ancaman industri Sa’adah Agency. Hal ini mendasari peneliti untuk meneliti tentang pengembagan strategi pemasaran Cokelat Olahan pada industri Sa’adah Agency. Alat Analisis yang digunakkan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 2,97, dengan koefisien kekuatan (Strenghts) sebesar 1,98 dan koefisien kelemahan (Weaknesses) sebesar 0,99. Ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan Industri Sa’Adah Agency, lebih besar dari faktor kelemahan sedangkan total nilai yang diperoleh tabel EFAS, yaitu sebesar -1,58, dengan koefisien Peluang (Opportunities) sebesar 1,44 , dan koefisien Ancaman (Threats) sebesar 3,02. Berdasarkan hasil perhitugan dari faktor internal dan faktor eksternal, diperoleh hasil pengurangan dari total skor faktor kekuatan dan total skor faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar 0,99, sedangkan hasil penguragan total skor peluang dan total skor ancaman sebagai sumbuh Y yaitu sebesar -1,58. Strategi pemgembangan yang tepat untuk industri Sa’Adah Agency, adalah strategi ST, Berdasarkan hasil perhitugan faktor internal dan faktor eksternal cokelat olahan pada industri Sa’Adah Agency, maka dapat digunakan pendekatan matriks SWOT untuk mengetahui strategi apa yang dapat digunakan agar pemasaran produk banua cokelat pada industri Sa’Adah Agency dapat berkembang lebih baik lagi, dari hasil kuadrat SWOT diatas, maka penerapan strategi yag dapat digunakan industri yaitu strategi ST. Strategi ST merupakan strategi yang dapat digunakan industri karena industri memiliki kekuatan dan ancaman sehingga dapat memanfaatkan kekuatan yang ada. Strategi ini dapat dikatakn sebagai strategi yang menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.
v
Tidak tersedia versi lain