Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Abon Ikan Pada Industri Citra Lestari Production (CLP) Kota Palu
Sri yuliani (E 321 12 120). Strategi Pemasaran Abon Ikan Pada Industri Citra Lestari Production (CLP) Kota Palu. (Yulianti Kalaba dan Rustam Abd Rauf, 2016)
Sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang penting bagi hajat hidup masyarakat Indonesia dan dapat dijadikan sebagai penggerak utama (Prime mover) perekonomian nasional. Berdasarkan data dilapangan maka salah satu cara yang harus dilakukan untuk memanfaatkan ikan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi yaitu mengolahnya menjadi abon. Usaha pengolahan Abon Ikan dikategorikan kedalam agroindustri kebanyakan usaha ini dilakukan oleh usaha kecil atau menengah yang tergolong dalam industri rumah tangga dan industri pengolahan. Industri Citra Lestari Production merupakan salah satu usaha yang menghasilkan berbagai macam produk salah satunya adalah abon ikan. Abon ikan yang diproduksi oleh Industri Citra Lestari Production cukup diminati oleh masyarakat karena memiliki cita rasa yang Khas serta lebih harum dan nikmat sehingga kualitasnya lebih baik dibandingkan abon ikan yang diproduksi oleh pesaing lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keadaan lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh Industri Citra Lestari Production dan untuk mngetahui Strategi pemasaran apa yang tepat dilakukan oleh Industri Citra Lestari Production. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) dengan jumlah responden sebanyak 5 orang terdiri dari 1 pimpinan perusahaan, 2 orang konsumen yang berbelanja abon ikan dan 2 orang karyawan. Analisis yang digunakan yaitu Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Abon ikan Pada Industri Citra Lestari Production posisi strategi berada pada kuadran I Posisi kuadran pertama ini mengambarkan situasi yang sangat menguntungkan bagi industri dalam strategi pemasaran abon ikan karena memiliki srrategi SO kekuatan dan peluang. Kekuatan yaitu tempat usaha yang strategis, kemasan yang menarik, memiliki cita rasa yang khas dan produk Sudah dikenal sedangkan peluang yaitu perkembangan teknologi, pasar tersedia, dukungan pemerintah dan presepsi konsumen cukup baik.
Tidak tersedia versi lain