Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Margin Pemasaran Kubis Dari Desa Labuan Lelea Kecamatan Labuan KePulauBerau Kalimantan Timur
WildanE 321 10 172.Analisis Margin Pemasaran Kubis Dari Desa Labuan Lelea Kecamatan Labuan KePulauBerau Kalimantan Timur.Dibimbing oleh Alimudin Laapo dan MarhawatiMapatoba, 2017.
Desa Labuan Lelea adalah salah satu tempat untuk menyalurkan sayuranke- pulauBerau.Dalam proses pemasaran kubis dari produsen ke konsumen peranan lembaga-lembaga pemasaran sangat penting, hal ini dikarenakan adanya biaya pemasaran. Semakin banyak lembaga pemasaran yang terlibat dalam proses pemasaran, maka semakin banyak pula yang mengeluarkan biaya pemasaran dengan mengambil keuntungan dalam pemasaran tersebut, maka akibatnya adalah pemasaran kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran dan besarnya margin pemasaran kubis pada masing – masing saluran pemasaran. Penentuan responden dilakukan dengan metode sampelacak sederhana dan carasensus, responden dalam penelitian ini ialah petani sebanyak 10 orang pedagang perantara 1 orang, pedagang besar 1 orang dan dan pedagang pengecer 1 orang sehingga jumlah keseluruhan responden sebanyak 13 orang dengan pertimbangan bahwa petani dan pedagang tersebut terlibat langsung dalam proses pemasaran kubis dari DesaLabunLeleakeBerau Kalimantan Timur.Alat analisis yang digunakan adalah analisis margin pemasaran
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : saluran pemasaran kubis di Desa Labuan Lelea dan PulauBerauantara lain petani menjual kubis kepada pedagang perantara dari pedagang perantara kubis diteruskan ke pedagang besar yang ada di PasarBerau kemudian meneruskan ke pedagang pengecer dan pedagang pengecer meneruskan ke konsumen akhir.Besarnya margin pemasaran yang ada di Desa Labuan Lelea dan PulauBerau ialah Rp 2.000/ biji dan Rp 3.000/bijinya sehingga total margin pemasaran yang diperoleh ialah sebesar Rp7.000.
Tidak tersedia versi lain