Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Studi Kasus pada Usaha “Patriot”) di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah
Moh.Tauhid (E 321 13 062). Strategi Pengembangan Usaha Ternak Ayam Pedaging (Studi Kasus pada Usaha “Patriot”) di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. (Dibimbing oleh Hadayani dan Dance Tangkesalu 2017).
Pembangunan peternakan merupakanbagian dari pembangunan keseluruhan yang bertujuan untuk menyediakan pangan hewani berupa daging, susu, serta telur yang bernilai gizi tinggi, meningkatkan pendapatan petani peternak, serta menambah devisa dan memperluas kesempatan kerja. Usaha ayam pedaging “Patriot” memiliki tingkat kematian yang tinggi sehingga mengakibatkan kerugian, dari data 5 bulan terakhir dari bulan september 2016 sampai bulan Mei 2017 rata-rata tingkat kematian sebesar 280 ekor ayam, yang merupakan suatu kelemahan dan ancaman pada usaha “Patriot”. Dengan didasari pada permasalahan di atas peneliti tertarik untuk meneliti tentang Strategi Pengembangan usaha ternak ayam pedaging (Studi kasus pada usaha “Patriot”). Penelitian ini dilaksanankan pada usaha Patriot yang berlokasi di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan, selama 3 bulan yakni bulan Juni sampai Agustus 2017. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang, 3 orang dari pihak internal, 3 orang dari pihak eksternal. Alat Analisis yang digunakkan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitusebesar 3,25, dengan koefisien kekuatan (Strenghts) sebesar 2,13 dan koefisien kelemahan (Weaknesses) sebesar 1,12.Ini menunjukkan bahwa faktor kekuatan pada usha “Patriot”,lebih besar dari faktor kelemahan sedangkan total nilai yang diperoleh tabel EFAS, yaitu sebesar -0,34, dengan koefisien Peluang (Opportunities) sebesar 1,60 , dan koefisien Ancaman (Threats) sebesar 1,94.Berdasarkan hasil perhitugan dari faktor internal dan faktor eksternal, diperoleh hasil pengurangan dari total skor faktor kekuatan dan total skor faktor kelemahan sebagai sumbu X yaitu sebesar 1,01, sedangkan hasil penguragan total skor peluang dan total skor ancaman sebagai sumbuh Y yaitu sebesar -0,34. Strategi pemgembangan yang tepat untuk usaha “Patriot”adalah strategi ST,Berdasarkan hasil perhitugan faktor internal dan faktor eksternal ayam pedaging pada usaha “Patriot”, maka dapat digunakan pendekatan matriks SWOT untuk mengetahui strategi apa yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha tersebut. dari hasil kuadrat SWOT diatas, maka penerapan strategi yag dapat digunakan yaitu strategi ST. Strategi ST merupakan strategi yang dapat digunakan perusahaan karena perusahaan memiliki kekuatan dan ancaman sehingga dapat memanfaatkan kekuatan yang ada. Strategi ini dapat dikatakan sebagai strategi yang menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk menghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal.
Tidak tersedia versi lain