Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah Anggur Impor Studi Kasus Pasar Moderen (Hypermart) di Kota Palu.
Indra Agung Wijaya (E 321 14 003). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah Anggur Impor Studi Kasus Pasar Moderen (Hypermart) di Kota Palu. (di bimbing oleh Bapak Effendy, bersama Ibu Lien Damayanti, 2017).
Buah anggur impor merupakan salah satu produk impor yang masuk di Indonesia dalam wujud perdagangan dunia yang membuat keterkaitan ekonomi internasional menjadi semakin erat. Dengan dibukanya pintu globalisasi dalam hal tersebut dapat dijadikan sebagai tantangan dan peluang besar bagi seluruh Negara termasuk Indonesia. Tantangan dan peluang tersebut juga berlaku bagi industri hortikultura untuk memenuhi permintaan buah anggur lokal ke pasar dunia, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi permintaan buah anggur impor studi kasus pasar moderen (Hypermart) di Kota Palu. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 hingga Oktober 2017. Penentuan responden dilakukan menggunakan sampling aksidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 konsumen buah anggur impor.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan menggunakan uji F (Simultan) dan uji t (Parsial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil uji F menunjukkan bahwa nilai F-hitung (24,716) > F-tabel (2,960) berarti secara bersama-sama semua variabel yaitu umur (X1), pendapatan konsumen (X2), dan harga buah anggur impor (X3) memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah anggur impor. Hasil uji t, regresi diperoleh variabel yang berpengaruh nyata terhadap permintaan buah anggur impor adalah umur (X1) dan harga buah anggur impor (X3), dimana kedua variabel tersebut memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari tingkat kesalahan sebesar 5%, sedangkan pendapatan konsumen (X2) merupakan variabel yang memiliki nilai signifikansi lebih besar dari tingkat kesalahan sebesar 5%, oleh sebab itu variabel pendapatan konsumen tidak memberikan pengaruh nyata kepada variabel terikatnya.
Tidak tersedia versi lain