Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Bawang Merah Varietas Lembah Palu di Desa Soulove Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.
Ika (E 321 14 164) Analisis Pemasaran Bawang Merah Varietas Lembah Palu di Desa Soulove Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi (dibimbing oleh Hj. Hadayani dan Ross M. Olva Amtiran) 2018.
Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah penghasil komoditi tanaman bawang merah varietas lembah Palu, dimana tanaman bawang merah varietas lembah Palu merupakan salah satu komoditi unggulan yang mempunyai peranan penting dalam peningkatan pendapatan masyarakat terutama petani di Sulawesi Tengah, untuk itu perlu adanya produksi yang tinggi dan kualitas yang lebih baik serta sistem pemasaran bawang merah varietas lembah Palu yang efisien. Sehingga dalam proses pemasaran bawang merah varietas lembah Palu, petani mendapatkan harga yang sesuai dengan harga yang dibayarkan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran bawang merah, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-masing saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu, dan mengetahui efisiensi pemasaran bawang merah varietas lembah Palu. Penelitian dilaksanakan di Desa Soulove, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi, terpilih sebanyak 29 responden dari 85 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method). Selain itu untuk menentukan responden pedagang digunakan metode penjajakan responden (Tracing Sampling Method) sebanyak 5 orang pedagang, penentuan responden pada konsumen dilakukan secara sengaja (Purposive) sebanyak 5 orang sehingga responden pada penelitian ini sebanyak 39 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu di Desa Soulove ada dua saluran yaitu : 1. Petani → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen. 2. Petani → Pedagang Pengumpul → Konsumen. Total margin pemasaran bawang merah varietas lembah Palu yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 25.000 dan total margin pemasaran bawang merah varietas lembah Palu yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp 15.000. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 61,53% dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 72,72%. Saluran pertama nilai efisiensinya sebesar 1,00%, sedangkan saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 1,18%. Dari dua saluran pemasaran bawang merah varietas lembah Palu tersebut, saluran yang efisien adalah saluran kedua.
Tidak tersedia versi lain