Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Udang Vannamei Di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong
Fadlia Arun (E 321 13 017) Analisis Pemasaran Udang Vannamei Di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. (Dibimbing oleh Prof.Dr.ir Max Nur Alam.MS dan Ir.Dance Tangkesulu.MP.2017)
Sumberdaya perikanan di Desa Boyantongo telah lama diusahakan oleh penambak setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran udang vannamei, besarnya margin pada masing-masing saluran pemasaran, bagian harga yang diterima oleh pertambak pada masing-masing saluran pemasaran dan tingkat efisiensi pemasaran udang vannamei pada masingmasing saluran pemasaran yang ada di Di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan dari Bulan April sampai dengan Juli 2017, di i Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong. Responden yang dijadikan sampel adalah petambak, pedagang pengumpul,pedagang besar dan pedagang pengecer. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode semel jenuh (Simple sensus), dimana semua anggota populasi dijadikan sempel. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu 12 responden penambak udang di Desa Boyantongo. Pengambilan sampel responden pedagang dilakukan dengan metode penjajakan (Tracing Method), sehingga diperoleh 2 orang responden pedagang pengumpuldan 2 orang responden pedagang pengecer. Jumlah keseluruhan responden yang dipilih sebanyak 16 responden. Analisis yang digunakan adalah farmer’s share. Hasil analisis menunjukkan bahwa total margin pemasaran udang vannamei yang diperoleh untuk saluran I sebesar Rp. 5.000/Kg dan total margin pemasaran udang vannamei yang diperoleh untuk saluran II sebesar Rp 6.000/Kg. Bagian harga yang diterima petambak pada saluran I sebesar 95% dan bagian harga yang diterima petambak pada saluran II sebesar 90%. Dengan demikian, bagian harga yang paling besar diterima oleh penambak adalah pada saluran I. Saluran pemasaran udang vannamei di desa boyantongo terdiri atas dua saluran, yaitu : (1) Petambak → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → Konsumen. (2) Petambak→ Pedagang Pengumpul → Eksportir. Market Share pada saluran pemasaran pertama sebesar 5,24% dan untuk saluran pemasaran kedua sebesar 4,58%. Dari kedua saluran pemasaran Udang Vannmei tersebut, saluran pemasaran yang lebih efisien adalah saluran I.
Tidak tersedia versi lain