Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Kakao di Desa Bakubakulu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, dibimbing oleh Hadayani dan Yulianti Kalaba, 2018.
Irma.R (E 32114144) Analisis Pemasaran Kakao di Desa Bakubakulu Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi, dibimbing oleh Hadayani dan Yulianti Kalaba, 2018.
Saluran distribusi (pemasaran) adalah proses penyaluran barang dari produsen hingga sampai ke konsumen akhir, terdiri atas semua lembaga atau pedagang perantara yang memasarkan produk/jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran kakao, besarnya margin pemasaran dari setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran kakao, berapa bagian harga yang diterima petani kakao di Desa Bakubakulu, besarnya efisiensi pemasaran kakao pada masing-masing saluran pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bakubakulu, Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Penentuan responden pada penelitian ini dilakukan dengan metode sampel acak sederhana terhadap petani kakao dan lembaga pemasarannya yang terdiri dari 30 responden petani kakao dan 3 responden pedagang dengan menggunakan metode (penjajakan). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran kakao di Desa Bakubakulu, pada saluran pertama yaitu petani pedagang pengumpul Pedagang besar (konsumen) dan saluran kedua yaitu petani pedagang pengumpul konsumen (Rumah coklat). Total margin pemasaran kakao yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu Rp 7.000 dan total margin pemasaran kakao yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu sebesar Rp 3.500. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 78,12% dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 88,33%. Hal ini menunjukkan bahwa bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran kedua. Nilai efisiensi pada saluran pertama sebesar 2,50%, sedangkan saluran kedua nilai efisiensinya sebesar 2,19%. Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran kedua.
Tidak tersedia versi lain