Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Stategi Bauran Pemasaran Usahatani Jagung Hibrida di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi.
Rahma Yanti (E 321 14 234), Stategi Bauran Pemasaran Usahatani Jagung Hibrida di Desa Sidera Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi. Di bimbing oleh Hadayani dan Dewi Nur Asih,2018. Jagung hibrida adalahj agung yang benihnya merupakan keturunan pertama dari persilangan dua jalur atau lebih yang sifat-sifat individunya Heterozygot dan Homogen. Usahatani jagung hibridadi Desa Sidera mengalami kendala dalampemasaran ke konsumen dimana proses pemasaran yang kurang baik, produk yang kurang berkualitas, selisih harga yang berbeda di tingkat petani, serta tempat yang kurang strategis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran usahatani jagung hibrida di Desa Sidera. Penentuan responden ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dimana diperoleh hasil 31 orang responden. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil analisis menggunakan matrix SWOT IFAS dan EFAS diketahui bauran pemasaran jagung hibrida berada dalam kondisi sangat menguntungkan. Hasil dari matrix SWOT mendapatkan alternatif strategi bauran pemasaran yaitu : (1). Memperkuat jaringan pasar produk pertanian.; (2). Kebijakan di bidang peningkatan diversifikasi produksi dan pangan.; (3). Perbaikan infrastruktur pertanian, meliputi pembangunan dan rehabilitasi jalan usahatani; (4). Pengembangan sarana industri jagung hibrida.; (5). Memperluas akses pasar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih ketika panen raya; (6). Penerapan sistem teknologi informasi melalui peran penyuluh.; (7). Penerapan kebijakan subsidi harga yang pro petani.; (8). Adanya program penyuluh mengenai sistem teknologi informasi dalam membantu proses pemasaran.
Tidak tersedia versi lain