Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Semangka Di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong

OBERTON - Nama Orang;

Oberton (E 321 14 200) Analisis Pemasaran Semangka di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong (dibimbing oleh Hj. Saharia Kassa dan Yulianti Kalaba).
Semangka(Citrullus) merupakan salah satu komoditi hortikultura yang banyak di jumpai di beberapa daerah yang ada di Sulawesi Tengah. salah satu wilayah yang dapat mengahasilkan semangka adalah Kabupaten Parigi Moutong. Ada 4 kecamatan dari 23 kecamatan yang dapat menghasilkan produksi semangka di Parigi Moutong.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, bentuk saluran pemasaran dan margin pemasaran semangka, bagian harga yang diterima petani (produsen) semangka pada masing-masing saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran semangka pada masing-masing saluran pemasaran di Kotaraya Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong. Mengamil sebanyak 30 Responden petani dari 90 petani yang ada di Kotaraya dan 2 orang pedagang pengumpul serta 2 orang pedagang pengecer yang ada di Kotaraya dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling) dan metode Penjajakan (Tracing Sampling) untuk pedagang sehingga sampel secara keseluruhan berjumlah 34 responden.
Hasil analisis ada dua bentuk saluran pemasaran yang ada di Desa Kotaraya Kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong, yaitu : saluran I) produsen menjual semangka kepada pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul menjual ke pedagang pengecer dan pedagang pengecer akan menjual ke konsumen akhir. Saluran II) Produsen menjual semangka ke pedagang pengecer dan pengecer akan menjual ke konsumen akhir. Margin total pemasaran semangka yang diperoleh pada saluran pertama yaitu Rp 2.000, dan margin total pemasaran yang diperoleh pada saluran kedua yaitu Rp 1.500. Margin total pemasaran yang kedua lebih kecil dibanding dengan margin total pemasaran yang terjadi pada saluran pertama. bagian harga yang diterima produsen pada saluran I sebesar 5,00%, sedangkan bagian harga yang diterima produsen pada pada saluran II yaitu sebesar 6,25%. Hal ini menandakan bahwa posisi produsen semangka pada saluran I dalam kondisi lemah di banding dengan saluran II, dikarenakan pada saluran II tidak terlibatnya pedagang pengumpul dalam proses saluran pemasaran. Sehingga nilai efisiensi pemasara saluran I sebesar 1,22%, dan pada saluran II sebesar 1,09%, sehingga saluran II lebih efisien di banding dengan saluran I.


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2018102AGB
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2018
Deskripsi Fisik
xiii,62hlm.:ilus,;29,5cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
OBERTON
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?