Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Beras di Desa Sitoang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala
IntanPurnama Sari (E 321 12 074) Analisis Pemasaran Beras di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala (dibimbing oleh Hj. Hadayani dan Lien Damayanti) 2018. Pemasaran komoditi pertanian seringkali dijumpai adanya rantai pemasaran yang panjang, sehingga banyak pelaku lembaga pemasaran yang terlibat dalam rantai pemasaran tersebut, akibatnya adalah terlalu besarnya keuntungan pemasaran (marketing margin) yang diambil oleh para pelaku pemasaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran beras di Desa Siboang, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterima oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efisiensi pemasaran beras di Desa Siboang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Siboang Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Mengambil sebanyak 41 responden dari 550 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method), dan untuk menentukan responden pedagang digunakan metode penjajakan responden (Tracing Sampling Method) sebanyak 7 orang pedagang dan 6 orang konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Desa Siboang dan yang paling efisien adalah saluran pemasaran pertama. Total margin pemasaran beras pada saluran I sebesar Rp. 1.100,00, saluran II sebesar Rp.1.600,00, dan saluran III Rp. 2.600,00. Bagian harga yang diterima petani pada saluran I yaitu sebesar 87,06%, saluran II yaitu sebesar 82,22% dan saluran III sebesar 74%, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluranI. Saluran I nilai efisiensinya 4,05%, saluran II nilai efisiensinya 12,44%, dan saluran III nilai efisiensinya 17,57%, dari ketiga saluran pemasaran beras tersebut saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran I.
Tidak tersedia versi lain