Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Srategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan pada Industri Twins Chocolate di Kota Palu
Zaenal Busyairi (E 321 12 034). Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan pada Industri Twins Chocolate Di Kota Palu (Hj. Marhawati M dan Wildani Pingkan S. Hamzens, 2018). Cokelat olahan merupakan salah satu produk hasil pertanian yang memiliki prospek serta peluang pasar yang baik. Cokelat olahan bisa dijadikan oleh-oleh dan memiliki nilai tambah yang besar dalam meningkatkan pendapatan industri yang mengolah cokelat olahan tersebut. Salah satu industri yang memproduksi produk olahan cokelat di Kota Palu adalah industri Twins Chocolate. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) megetahui kondisi faktor internal dan faktor eksternal dalam mendukung pengembangan usaha cokelat oalahan pada industri Twins Chocolate di Kota Palu dan (2) mengetahui alternatif strategi pengembangan usaha cokelat olahan pada industri Twins Chocolate di Kota Palu. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 6 orang yang dipilih dari pihak internal dan eksternal. Responden pihak internal terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, sedangkan responden pihak eksternal terdiri dari 3 orang konsumen. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha cokelat olahan pada industri Twins Chocolate berada di kuadran III yaitu pada posisi strategi Kelemahan-Peluang (WO). Strategi yang dihasilkan yaitu, (1) meningkatkan permodalan dan jumlah produksi serta mensinergikan sumber daya teknologi dan media promosi untuk menjaga kontinuitas produksi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta adanya dukungan dan pembinaan dari pemerintah, dan (2) melakukan inovasi baru terhadap teknologi yang digunakan industri saat ini dengan teknologi baru yang lebih modern melihat perkembangan teknologi di masa ini sangat maju dengan tujuan dapat memaksimalkan proses produksi dan menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga memiliki keunggulan meski dengan harga produk yang lebih mahal dibanding produk lainnya.
Tidak tersedia versi lain