Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Kedelai di Desa Lariang Kecamatan Tikke Raya Kabupaten Mamuju Utara

ANDI RISMALASARI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran kedelai, margin, bagian harga yang diterima oleh petani, dan efisiensi pemasaran kedelai. Permasalahan pemasaran yang ada di desa Lariang ada dua yaitu perbedaan harga dan juga saluran pemasarannya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif (deskriptif) digunakan untuk mengetahui keragaman pasar berdasarkan saluran pemasaran yang ditunjang oleh informasi data dan hasil pengamatan dilapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua bentuk saluran pemasaran kedelai yang terdapat di Desa Laiang yaitu: 1) petani menjual kedelai kepada pedagang pengumpul, dari pedagang pengumpul kakao diteruskan ke pedagang besar, 2) petani menjual produknya ke pedagang pengumpul kemudian pedagang pengumpul menjual kedelainya langsung ke pedagang besar yang ada di Lalundu dan pedagang besar menjual lagi kepada industri yang ada di Lalundu . Margin pemasaran kedelai untuk saluran pertama Rp 2.500 dan margin pemasaran kedelai untuk saluran ke dua sebesar Rp 2.000. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama pemasaran kedelai sebesar 70,58% sedangkan bagian harga yang diterima disaluran kedua sebesar 77,77%, sehingga petani dianjurkan menjual hasil produksinya dengan menggunakan saluran kedua karena bagian harga yang diterima petani lebih besar. Nilai efisiensi pemasaran saluran pertama sebesar 2,04% untuk saluran kedua sebesar 1,55%. Sehingga saluran kedua lebih efisien dari saluran pertama karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2019051AGB
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Scientific Research Publishing, Inc.., 2019
Deskripsi Fisik
xiii,54hlm.:ilus.;29,5cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ANDI RISMALASARI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?