Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Bawang Merah di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso

Erlin Tudang Killa'Allo - Nama Orang;

Analisis Pemasaran Bawang Merah di Desa Alirupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso (dibimbing oleh ibu Dafina Howara dan bapak Effendy) Bawang merah (Allium cepa) merupakan salah satu jenis komoditi hortikultura yang banyak di jumpai di daerah Sulawesi Tengah. Sala satu wilayah yang dapat menghasilkan bawang merah adalah Kabupaten Poso ada 5 kecamatan dari 13 kecamatan yang dapat menghasilkan produksi bawang merah di Kabupaten Poso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petani (Produsen) bawang merah dan efisiensi pemasaran bawang merah pada masing-masing saluran di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso. Penentuan Responden dilakukan dengan cara mengambil secara keseluruhan petani yaitu 29 responden petani yang ada di Desa Alitupu dan 4 pedagang Pengecer, 3 Pedagang Pengumpul dengan menggunakan metode Sensus untuk petani dan Snowball sampling untuk pedagang sehingga sampel secara keseluruhan berjumlah 36 responden. Hasil analisis menunjukkan ada dua bentuk saluran pemasaran yang ada di Desa Alitupu Kecamatan Lore Utara Kabupaten Poso yaitu: Saluran I) produsen menjual bawang merah kepada pedagang pengecer kemudian di jual ke konsumen akhir. Saluran II) Produsen menjual bawang merah kepada pedagang pengumpul, kemudian pedagang pengumpul mejual ke pedagang pengecer dan pedagang pengecer menjual ke konsumen akhir. Margin total pemasaran bawang merah yang diperoleh pada saluran pertama yaitu Rp. 9.667, dan margin total yang diperoleh pada saluran kedua yaitu Rp.15.267. Bagian harga yang di terima oleh produsen pada saluran I sebesar 66,66% sedangkan bagian harga yang diterima oleh produsen pada saluran II sebesar 54,83%. Efisiensi pemasaran saluran I sebesar 2,47%, dan pada saluran II sebesar 2,17%, sehingga saluran I lebih efisien dibanding dengan saluran II.


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2019103AGB
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 73 hlm.: ilus.; 29, 5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2019
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Erlin Tudang Killa' Allo
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?