Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Saluran Pemasaran Kakao Dari Desa Sausu Pakareme Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong

I Gede Eko Sarwedi - Nama Orang;

Analisis Saluran Pemasaran Kakao Dari Desa Sausu Pakareme Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong, dibimbing oleh Marhawati dan Wildani Pingkan, 2019.
Saluran pemasaran kakao di Desa Sausu Pakareme terdapat kontrak berupa pinjaman modal kepada pedagang sehingga dapat mempengaruhi efisensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran kakao dari saluran yang ada.
Penentuan lokasi penelitian Di Desa Sausu Pakareme dilakukan secara purposif dengan pertimbangan bahwa Desa tersebut merupakan salah satu daerah penghasil kakao di Kecamatan Parigi Moutong. Penentuan responden dilakukan dengan metode simpel random sampling sebanyak 29 orang petani dari populasi petani kakao 86 orang, penentuan jumlah responden tersebut menggunakan rumus Slovin. Tehnik penentuan pedagang pengumpul dilakukan menggunakan metode penjajakan, dengan cara menjajaki melalui responden petani kakao sehingga diperoleh sebanyak 3 responden pedagang pengumpul dan 1 responden konsumen.
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran kakao yang digunakan oleh petani untuk memasarkan produksi kakaonya di Desa Sausu Pakareme, pada saluran pertama yaitu Petani Pedagang Pengumpul (terikat kontrak) Konsumen (PT. Cargil) Total margin pemasaran kakao yang diperoleh untuk saluran ini yaitu Rp 7.000. Bagian harga yang diterima petani sebesar 78,12%, sehingga nilai efisiensi yang diperoleh sebesar 2,82%. Saluran kedua yaitu Petani Pedagang Pengumpul Konsumen(PT.Cargil). Total margin pemasaran kakao yang diperoleh yaitu Rp 5.500 dengan bagian harga yang diterima petani yaitu 82,81% dengan tingkat efisiensi sebesar 2,37%. Jadi saluran yang efisien adalah saluran kedua, karena bagian harga yang diperoleh pada saluran petani lebih tinggi.


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2019119agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 57 hlm.: ilus.; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
I Gede Eko Sarwedi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?