Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Saluran Pemasaran Kakao Dari Desa Sausu Pakareme Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong
Analisis Saluran Pemasaran Kakao Dari Desa Sausu Pakareme Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong, dibimbing oleh Marhawati dan Wildani Pingkan, 2019.
Saluran pemasaran kakao di Desa Sausu Pakareme terdapat kontrak berupa pinjaman modal kepada pedagang sehingga dapat mempengaruhi efisensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi pemasaran kakao dari saluran yang ada.
Penentuan lokasi penelitian Di Desa Sausu Pakareme dilakukan secara purposif dengan pertimbangan bahwa Desa tersebut merupakan salah satu daerah penghasil kakao di Kecamatan Parigi Moutong. Penentuan responden dilakukan dengan metode simpel random sampling sebanyak 29 orang petani dari populasi petani kakao 86 orang, penentuan jumlah responden tersebut menggunakan rumus Slovin. Tehnik penentuan pedagang pengumpul dilakukan menggunakan metode penjajakan, dengan cara menjajaki melalui responden petani kakao sehingga diperoleh sebanyak 3 responden pedagang pengumpul dan 1 responden konsumen.
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran kakao yang digunakan oleh petani untuk memasarkan produksi kakaonya di Desa Sausu Pakareme, pada saluran pertama yaitu Petani Pedagang Pengumpul (terikat kontrak) Konsumen (PT. Cargil) Total margin pemasaran kakao yang diperoleh untuk saluran ini yaitu Rp 7.000. Bagian harga yang diterima petani sebesar 78,12%, sehingga nilai efisiensi yang diperoleh sebesar 2,82%. Saluran kedua yaitu Petani Pedagang Pengumpul Konsumen(PT.Cargil). Total margin pemasaran kakao yang diperoleh yaitu Rp 5.500 dengan bagian harga yang diterima petani yaitu 82,81% dengan tingkat efisiensi sebesar 2,37%. Jadi saluran yang efisien adalah saluran kedua, karena bagian harga yang diperoleh pada saluran petani lebih tinggi.
Tidak tersedia versi lain