Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi permintaan konsumen terhadap cabai merah keriting di pasar tradisional Kota Palu (Study kasus : Pasar Masomba dan Pasar Manonda),
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi permintaan konsumen terhadap cabai merah keriting di pasar tradisional Kota Palu (Study kasus : Pasar Masomba dan Pasar Manonda), (Dibimbing oleh bapak Made Antara dan bapak Dance Tangkesalu)
Cabai merah keriting (Capsicum annuum L.) merupakan salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan di Indonesia, cabai keriting memiliki aroma dan rasa yang pedas serta warna yang khas, sehingga digunakan oleh masyarakat sebagai rempah dan bumbu masakan. cabai merah keriting merupakan bahan makanan atau bahan penyedap rasa makanan yang selalu dibutuhkan dan diperlukan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga. Selain itu harga cabai merah keriting yang berfluktuasi apalagi ketika hari-hari besar tiba akan melonjak naik. Adapun hal yang diduga yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusannya membeli cabai merah keriting adalah faktor harga (X1), faktor harga barang subtitusi (X2), faktor Pendapatan (X3), faktor Jumlah Tanggungan (X4), dan faktor Umur (x5), yang juga merupakan variable-variabel yang berpengaruh terhadap permintaan cabai merah keriting. Rata-rata harga cabai merah keriting di Kota Palu pada tahun 2018 mencapai Rp 31,467/kg. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh dari faktor harga (X1), faktor harga barang subtitusi (X2), faktor Pendapatan (X3), faktor Jumlah Tanggungan (X4), dan faktor Umur (x5) dalam memengaruhi permintaan konsumen terhadap cabai merah keriting di Kota Palu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2019 di Kota Palu. Jumlah sampel yang digunakan yakni 30 responden yang membeli dan mengkonsumsi cabai merah keriting , dengan metode penentuan sampel Sampling aksidental. Metode analisis yang digunakan yakni Analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil analisis uji F yang digunakan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Variabel faktor faktor harga (X1), faktor harga barang subtitusi (X2), faktor Pendapatan (X3), faktor Jumlah Tanggungan (X4), dan faktor Umur (X5) secara bersama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian cabai merah keriting di kota palu. Sedangkan hasil analisis uji T faktor harga (X1), faktor Harga barang subtitus (X2), Faktor pendapatan (X3), faktor jumlah tanggungan dan Faktor umur (X5), berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan cabai merah keriting di Kota Palu, dengan besarnya pengaruh variable X terhadap Y yang telah dijelaskan sebesar 81,1% dan sisanya 18,9% dijelaskan oleh faktir lain diluar dari penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain