Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Bauran Pemasaran Ikan Asin di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan
Anggita Tri Putri Rambe (E 321 15 306), Bauran Pemasaran Ikan Asin di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan (di bimbing oleh Max Nur Alam dan Lien Damayanti).
Sub sektor perikanan merupakan salah satu andalan utama sumber pangan dan gizi bagi masyarakat di Indonesia. Ikan, selain sebagai sumber protein, juga di akui sebagai “functional food” yang mempunyai arti penting bagi kesehatan karena mengandung asam lemak tak jenuh berantai panjang yang memiliki ikatan rangkap dan memiliki banyak atom C (terutama yang tergolong asam lemak omega-3), vitamin, serta makro mineral (Heruwati, 2009). Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran Ikan Asin di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2019 Penelitian ini dilaksanakan di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh produsen pedagang ikan asin di Desa Okumel Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan yang berjumlah 5 produsen, 3 orang pedagang pengumpul dan 5 orang konsumen akhir yang seluruhnya akan dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses pemasaran produk ikan asin didesa okumel dengan menerapkan bauran pemasaran yaitu sebagai berikut: (1)Produk, produk ikan asin yang diolah menggunakan ikan segar, sehingga memiliki kualitas yang baik, namun untuk kemasan masih belum menggunakan kemasan. (2)Harga, harga produk ikan asin masih terbilang murah karena masih bisa dijangkau oleh semua kalangan, harga ikan asin berkisar antara Rp.50.000-Rp.65.000/kg. (3)Tempat, tempat yang digunakan untuk proses penjualan produk ikan asin yaitu dirumah produsen dan pedagang itu sendiri, dan ada yang dikirim di Luwuk, Ampana, Menado, Parigi dan Kendari. (4)Promosi, promosi yang dilakukan oleh produsen ikan asin yaitu dengan memberikan potongan harga 5% dari harga normal, hal ini dilakukan setiap 6 bulan sekali pada saat musim panas berkepanjangan. (5)People, pelayanan yang dilakukan oleh produsen ikan asin sangat baik, karena produsen menyambut konsumen dengan senyuman, ramah dan berbicara sopan dan santun. (6) Proses, Proses pemasaran produk ikan asin yang berada didesa okumel dari produsen sampai dengan konsumen akhir secara konvensional belum memperhatikan merek, dan kemasan.
Tidak tersedia versi lain