Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Cokelat Sulteng di Rumah Cokelat Kota Palu
Multazam ( E 321 16 018 ) Strategi Pemasaran Cokelat Sulteng di Rumah Cokelat Kota Palu, Dibimbing oleh Max Nur Alam dan Yulianti Kalaba
Sulawesi Tengah menjadi posisi pertama produktifitas kakao di Indonesia. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawsi Tengah membuat Rumah Cokelat sebagai wadah untuk mengembangakn kakao yang ada di Sulawesi Tengah. Cokelat Premium adalah produk yang dihasilkan Rumah Cokelat yang menggunakan biji kakao asli Sulawesi Tengah yang telah di fermentasi. Rasa yang memiliki ciri khas dan kualitas yang baik menjadi kekuatan utama Rumah Cokelat sehingga visi Rumah Cokelat ingin menjadikan Cokelat sebagai produk unggulan Sulawesi Tengah. Harapkannya seluruh IKM cokelat dapat menggunakan cokelat Sulteng sebagai bahan utama produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal apa saja yang dimiliki Rumah Cokelat dan menganalisis strategi pemasaran produk cokelat sulteng di Rumah Cokelat
Penentuan sampel ditentukan secara sengaja (purposive), jumlah sampel sebanyak 9 orang, yaitu ketua UPT Pengembangan Produk Industri Pangan dan Kerajinan (P2IPK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah, kepala tata usaha produk pangan, kepala seksi produk pangan, 3 staf bagian teknis dan 1 staf bagian promosi dan 2 konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT.
Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran di Rumah Cokelat berada pada strategi SO yaitu kuadran I, di mana pada posisi ini memanfaatan peluang yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternative strategi yaitu (a) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk dengan tekhnologi yang ada dan memanfaatkan peluang agar dapat meningkatkan pemasaran Rumah Cokelat dan menjadi produk unggulan Sulawesi Tengah. (b)Memperluas jaringan pemasaran yaitu mengefektifkan dukungan pemerintah dengan kekuatan rasa dan kualitas produk yang baik.
Tidak tersedia versi lain