Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Membangun Keunggulan Bersaing Pada Industri Happy Bread Di Kota Palu
Gomer Tamma (E 321 16 2655). Strategi Membangun Keunggulan Bersaing Dengan Pendekatan Marketing Mix & Porter’s Five Force Analysis Industri Roti Happy Bread di Kota Palu dibimbing oleh Dafina Howara dan Siti Yuliaty Chansa Arfah, 2020.
Berkembangnya usaha produksi Roti dan Kue di Kota Palu menyebabkan tingginya tingkat persaingan antar produsen. Tingginya tingkat persaingan dan tuntutan konsumen merupakan tantangan bagi usaha ini untuk bertahan, mempertahankan konsumen dan mengembangkan usaha. Selain pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan suatu bisnis. Dengan melihat lingkungan eksternal perusahaan diantaranya pemasok dan pembeli yang berkuasa, merupakan acuan dalam merencanakan dan melakukan strategi. Oleh sebab itu, Happy Bread perlu menyiapkan strategi bersaing yang tepat untuk dapat bersaing dengan produsen lain dan dapat meningkatkan omset penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keunggulan bersaing usaha roti pada industri Happy Bread dan menganalisis alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan dalam membangun keunggulan bersaing usaha Roti pada industry Happy Bread di Kota Palu.
Penelitian ini dipilih secara sengaja (purpossive). Jumlah responden 8 orang yang terdiri dari pimpinan industri (Direksi), Admin, Manajer HRD,1 orang Pramuniaga, 2 Konsumen, 1 Owner Pesaing, dan 1 pegawai dinas perindustrian dan perdagangan Kota Palu. Analisis yang digunakan adalah analisis analisis SWOT. Total nilai yang diperoleh tabel IFAS yaitu sebesar 2,98 dengan skor kekuatan 1,84 dan skor kelemahan sebesar 1,14. Hal ini menunjukkan bahwa faktor kelemahan usaha roti pada Happy Bread lebih kecil dari faktor kekuatan, sedangkan total nilai yang diperoleh tabel EFAS yaitu sebesar 2,68 dengan skor peluang 1,88 dan skor ancaman sebesar 0,8. Hal ini menunjukkan faktor peluang yang dimiliki oleh usaha roti pada industri Happy Bread lebih besar dari faktor ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rating dan bobot faktor internal strategi membangun keunggulan bersaingi pada industri Happy Bread sebagi sumbu X yaitu 0,7, sedangkan faktor eksternal pada industri Happy Bread sebagai sumbu Y yaitu 1,08. Strategi membangun keunggulan bersaing yang tepat untuk usaha roti pada industri Happy Bread adalah strategi SO, strategi SO merupakan strategi yang dapat digunakan usaha roti pada industri Happy Bread dalam menciptakan strategi yang Memanfaatkan Kekuatan untuk merebut peluang.
Tidak tersedia versi lain