Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Udang Vannamei di Desa Malei Kecamatan Pedongga Kabupaten Mamuju Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, bagian harga yang diterima petambak serta efisiensi pemasaran udang vannamei di Desa Malei. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari sampai dengan Maret 2019. Pengambilan sampel produsen udang vannamei dilakukan menggunakan metode acak sederhana sebanyak 32 petambak dan pengambilan sampel pedagang dilakukan menggunakan metode penjajakan diperoleh sebanyak 2 orang pedagang pengumpul, 2 orang pedagang pengecer dan 2 konsumen. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu margin pemasaran, bagian harga yang diterima petambak dan efisiensi pemasaran. Hasil analisis pemasaran menunjukan saluran pemasaran udang vannamei di Desa Malei melalui dua saluran pemasaran. Margin pemasaran pada saluran 1 yaitu Rp.5.000/Kg sedangkan pada saluran II yaitu Rp.9.500/Kg. Bagian harga yang diterima petambak pada saluran 1 yaitu 90,00%, sedangkan pada saluran kedua yaitu 87,00 %. Efisiensi pemasaran pada saluran I yaitu 2,32 %, sedangkan untuk saluran II yaitu 3,00%, sehingga dari kedua saluran tersebut, saluran yang paling efisien yaitu saluran I.
Kata Kunci: Udang Vannamei, Pemasaran, Efisiensi Pemasaran.
Tidak tersedia versi lain