Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Terhadap Permintaan Buah Naga DI Kota Palu
Lindasari (E 321 15 045), Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Konsumen Terhadap Permintaan Buah Naga Di Kota Palu (Dibimbing Alimudin Laapo dan Dance Tangkesalu).
Buah naga (Hylocereus costaricensis) di Sulawesi Tengah baru dikembangkan pada tahun 2012 yang pada awalnya hanya beberapa petani yang tertarik untuk mengembangkannya, seiring berjalannya waktu, harga dan permintaan buah naga yang semakin tinggi membuat para petani tertarik untuk ikut mengembangkannya. Adapun hal yang diduga yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli buah naga itu sendiri, harga buah naga, harga buah subtitusi, umur dan pendapatan merupakan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap permintaan buah naga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor harga buah naga, harga buah subtitusi, umur dan pendapatan, dapat mempengaruhi permintaan buah naga di Kota Palu.
Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Masomba Kota Palu Sulawesi Tengah. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa pasar tradisionanl ini menyediakan buah naga di Kota Palu. Penelitian ini dilakukan bulan Juli sampai Agustus 2019 di Kota Palu. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 30 responden yang mengkonsumsi buah naga. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil analisis menunjukan secara simultan semua variabel secara bersama-sama yaitu harga buah naga, harga buah lain, pendapatan dan umur memberikan pengaruh nyata terhadap permintaan buah naga di Kota Palu. Secara parsial di ketahui variabel harga buah naga dan pendapatan, berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga di kota palu. Sedangkan variabel harga buah lain dan umur tidak berpengaruh nyata terhadap permintaan buah naga di Kota Palu.
Tidak tersedia versi lain