Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Bersaing usaha Tahu Pada Industri Tahu Afifah Di Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota Palu
Riska Deviana (E 321 16 007). Strategi Bersaing Usaha Tahu Pada Industri Tahu Afifah Kelurahan Nunu Kecamatan Tatanga Kota Palu (dibimbing bapak Made Antara bersama bapak Al Alamsyar, 2020).
Industri pembuatan tahu merupakan salah satu industri pangan yang memiliki prospek pasar yang bagus. Industri Tahu Afifah merupakan salah satu industri pengolahan kedelai menjadi tahu yang ada di Kota Palu. Salah satu ancaman sekaligus peluang bagi Industri Tahu Afifah adalah banyaknya industri tahu yang membuat tingkat persaingan industri dari waktu ke waktu akan semakin meningkat. Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat Industri Tahu Afifah agar terus melakukan tindakan-tindakan defensif guna menciptakan posisi yang aman agar perusahan relatif lebih kuat dalam menghadapi persaingan di masa yang akan datang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal dalam mendukung persaingan usaha tahu dan alternatif strategi bersaing usaha tahu pada Industri Tahu Afifah di Kota Palu. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, dan Threats). Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober-Desember 2019. Hasil identifikasi faktor lingkungan Industri Tahu Afifah terdapat 5 kekuatan dan 5 kelemahan pada faktor internal, sementara pada faktor eksternal terdapat 5 peluang dan 5 ancaman. Berdasarkan dari hasil perpaduan antara IFAS dan EFAS pada Matriks SWOT sehingga menghasilkan strategi SO (Kekuatan-Peluang atau Maxi-maxi) sebesar 4,578 yang berada pada kuadran I, maka alternatif strategi yang dapat digunakan adalah menggunakan kekuatan internal dengan faktor peluang eksternal produk Tahu Afifah di Kota Palu. Penerapan strategi yang digunakan oleh Industri Tahu Afifah yaitu memperluas jaringan pemasaran, meningkatkan efektivitas sistem kerja, dan meningkatkan loyalitas pelanggan
Kata Kunci : SWOT, Strategi Bersaing Industri, Tahu
Tidak tersedia versi lain