Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah Semangka Merah Non Biji di Kota Palu
Yuliani (E 321 15 124) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan Buah
Semangka Merah Non Biji di Kota Palu. ( Dibimbing oleh Arifuddin Lamusa dan
Christopourus 2020)..
Buah semangka (Citrulluslanatus) termasuk dalam golongan labu-labuan
dan melon. Buah semangka merupakan buah yang banyak digemari oleh
masyarakat karena rasanya yang manis dan baik bagi kesehatan dan mudah
diperoleh dipasaran, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Permasalahan
konsumen buah semangka Merah Non Biji tidak luput dari masalah harga yang
mengalami fluktuasi atau cenderung tidak stabil, sehingga pembelian buah
semangka merah non biji yang dilakukan konsumen berfluktuasi, pedagang pada
pasar tersebut menyatakan bahwa jumlah buah semangka merah non biji yang
dijual relative tetap namun permintaan konsumen tidak menentu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
memengaruhi permintaan buah semangka merah non biji diantaranya pengaruh
dari harga buah semangka merah non biji itu sendiri, buah melon, pendapatan
konsumen, jumlah tanggungan keluarga dan umur. Penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Juli-Agustus 2019 pada Pasar Masomba dan Pasar Inpres Manonda di
Kota Palu. Jumlah sampel sebanyak 30 responden yang ditentukan dengan metode
penentuan sampel Sampling Aksidental. Analisis data yang digunakan yakni
Analisis Regresi Linier Berganda
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai R2
adalah 0,967 atau 96,7%, hasil
uji F menunjukkan bahwa nilai signifikan (0,000) < α (0,05) atau F-hitung
(139,980) > F-tabel (2,620), artinya secara bersama-sama harga buah semangka
merah non biji (X1), harga buah melon (X2), Pendapatan Konsumen (X3), jumlah
tanggungan keluarga(X4) dan umur (X5) memberikan pengaruh nyata secara
signifikan terhadap permintaan buah semangka merah non biji di Kota Palu. Hasil
uji t, menunjukkan secara individual variabel harga buah semangka merah non
biji (X1), harga buah melon (X2), pendapatan konsumen (X3), jumlah tanggungan
keluarga (X4) serta umur (X5) berpengaruh nyata secara signifikan terhadap
permintaan buah semangka merah non biji di Kota Palu,
Tidak tersedia versi lain