Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Ayam Petelur Pada Peternakan Anas Di Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu
Livia Ananda Fitriana (E 321 16 290). Strategi Pengembangan Usaha Ayam Petelur pada Peternakan Anas di Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. (di bimbing oleh Rustam Abd. Rauf dan Siti Yuliaty Chansa Arfah).
Telur merupakan salah satu hasil produk yang di hasilkan oleh sektor peternakan. Pengembangan usaha peternakan ayam ras petelur mendapat prioritas dalam pengembangan perekonomian khususnya usaha kecil peternakan ayam ras petelur. Secara umum peternakan diarahkan untuk mewujudkan kondisi peternakan maju. Kondisi tersebut dicirikan dengan tingkat kemampuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, kemampuan menyesuaikan pola dan struktur produksi dengan permintaan pasar serta kemampuan untuk pembangunan wilayah, memberikan kesempatan kerja, pendapatan dan perbaikan taraf hidup serta berperan dalam pertumbuhan ekonomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang tepat untuk usaha ayam petelur pada peternakan Anas di Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu. Penelitian dilaksanakan di Peternakan Anas yang terletak di jalan Malontara Kelurahan Pengawu Kecamatan Tatanga Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah pada bulan Desember 2019. Penentuan responden dilakukan secara sengaja (purpossive) sebanyak 6 orang. Penelitian ini mengggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Treaths).
Berdasarkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor lingkungan internal untuk memperoleh letak kuadran dalam strategi pengembangan usaha ayam petelur pada Peternakan Anas, yaitu total bobot x rating faktor kekuatan (Strength) dikurangi dengan total bobot x rating faktor kelemahan (Weaknesses) maka diperoleh nilai X sebagai sumbu horizontal yaitu 2,554 0,711 = 1,848. Maka sumbu X dalam diagram SWOT adalah 1,848. Sedangkan hasil perkalian dari bobot dan rating pada faktor lingkungan eksternal untuk memperoleh letak kuadran dalam strategi pengembangan usaha ayam petelur pada Peternakan Anas, yaitu total bobot x rating faktor peluang (Opportunity) dikurangi dengan total bobot x rating faktor ancaman (Threats) maka diperoleh nilai Y sebagai sumbu vertikal yaitu 2,394 0,68 = 1,714. Maka sumbu Y dalam diagram SWOT adalah
1,714. Dari hasil kedua perhitungan tersebut maka diagram SWOT menunjukkan posisi strategi untuk pengembangan usaha ayam petelur pada Peternakan Anas berada pada diagram I yaitu pada posisi strategi Kekuatan – Peluang (SO). Posisi ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Usaha ayam petelur pada Peternakan Anas memiliki kekuatan dan peluang, sehingga harus dapat memanfaatkan kekuatan untuk menarik peluang yang ada.
Kata kunci : Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Ayam Peterlur.
Tidak tersedia versi lain