Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Roti Pada 'Anugrah Bakery' di Kecamatan Palu Timur Kota Palu
Yulia Prastika Dewi (E321 16 125) Strategi Pengembangan Usaha Roti pada „Anugrah Bakery‟ di Kecamatan Pau Timur Kota Palu (dibimbing oleh Hadayani dan Dewi Sartika L. Br. Manurung,2020)Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dimana sektor makanan dan minuman mengambil peran penting dalam menopang perindustrian.Hal ini dapat dilihat dari kontribusinya yang terus konsisten dan signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB), industri non migas dan peningkatan realisasi investasi.Salah satu industri makanan yang tetap ramai dan berkembang sampai saat ini adalah industri makanan roti.Roti adalah produk makanan olahan yang merupakan hasil proses pemanggangan adonan yang telahdifermentasi.Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat dalam mengonsumsi roti, perkembangan perusahaan yang bergerak dibidang industri roti pun semakin menjamur menjadikan skala usaha yang dijalankan juga semakin beragam.Kota Palu sebagai ibu kota dari Provinsi Sulawesi Tengah juga tidak luput dari perkembangan usaha pembuatan roti, dimana jumlah produsen roti yang ada di Kota Palu semakin bertambah di setiap tahunnya. Anugrah Bakery merupakan salah satu produsen roti yang ada di Kota Palu, khusunya Kecamatan Palu Timur. Meningkatnya jumlah produsen roti pesaing menjadi salah satu faktor yang mendorong Anugrah Bakery untuk melakukan pengembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang sesuai, yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha Anugrah Bakery.Penelitian ini dilaksanakan pada Anugrah Bakery yang terletak di Jl. Setia Budi No.36 Palu (dalam Cemara Swalayan), Kelurahan Besusu Timur, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Desember 2019. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Responden yang digunakan dalam penelitian ini terdiri sejumlah delapan orang yang terdiri atas pihak internal dan pihak eksternal. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, baik kualitatif maupun kuantitatif. Metode analisis data terdiri dari analisis deskriptif dan analisis lingkungan perusahaan melalui tiga tahap analisis formulasi strategi yaitu matriks faktor internal (IFE), matriks faktor eksternal (EFE), matriks IE dan analisis SWOT.Matriks IFE dan EFE menunjukan total bobot skor rata-rata sebesar 2,74dan 3,39. Hasil anaisis matriks IE menggambarkan bahwa posisi usaha roti Anugrah Bakery berada padaposisi IV yang artinya tumbuhdan bina. Kemudian dari matriks SWOT diperoleh dua belas alternatifstrategi dan dari hasil diagram analisis SWOT diperoleh perumusan strategi pengembangan usaha, yaitu 1) Menciptakan produk tambahan dan menawarkannya kepada konsumen yang telah ada, (2) Mengakuisisi produsen bahan baku, (3) Memperluas saluran distribusi atau memperbanyak jumlah reseller.
Tidak tersedia versi lain