Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Kacang Goyang Pada UKM "Prima Rasa" di Kota Palu
Nurul Maulina (E 321 16041). Strategi Pengembangan Usaha Kacang Goyang pada UKM “Prima Rasa” (Rustam Abd. Rauf dan Siti Yuliaty Chansa Arfah, 2020).
Kacang tanah merupakan salah satu komoditas pangan sumber protein dan minyak nabati yang bernilai ekonomi tinggi, namun popularitasnya tidak setinggi kedelai. Secara nasional kacang tanah belum dianggap sebagai komoditas unggulan. Kacang bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan, minuman, Salah satu UKM yang berkembang di Kota Palu saat ini adalah UKM “Prima Rasa”. UKM ini menghasilkan rasa produk yang manis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif yang baik untuk diterapkan pada usaha kacang goyang di UKM “Prima Rasa”.
Penelitian ini dilaksanakan di UKM “Prima Rasa” jalan Labu No.35 Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat Kota Palu, Sulawesi Tengah pada bulan November 2019 bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif yang baik untuk diterapkan pada usaha kacang goyang di UKM “Prima Rasa” tersebut. . Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive), Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang dipilih dari pihak internal dan eksternal. Responden pihak internal terdiri dari 1 orang pimpinan, 2 orang karyawan, sedangkan responden pihak eksternal terdiri dari 3 orang konsumen dan 1 orang pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha kacang goyang pada UKM “Prima Rasa” berada di kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan-Peluang (SO). Strategi SO (Strenghts-Opportunities) strategi kekuatan-peluang yaitu menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal, artinya dimana strategi ini dapat digunakan karena usaha atau industri tersebut memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan berbagai peluang yang ada. Strategi yang dihasilkan yaitu, (1) Mempertahankan rasa yang khas dan daya simpan yang tahan lama guna meningkatkan kepercayaan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen (2) Mempertahankan harga dan cita rasa untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan menangkap peluang pasar (3) Meningkatkan dan mempertahankan pelayanan yang baik untuk menjalin kerjasama dengan pemasok.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Kacang Goyang, Analisis SWOT.
Tidak tersedia versi lain