Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Abon Daging Sapi Pada UKM "CV. Iyam Mandiri" di Kota Palu
Deysila Ramadani (E 321 16 035). Strategi Pengembangan Usaha Abon Daging Sapi pada UKM “CV. Iyam Mandiri” di Kota Palu. Dibimbing oleh Rustam Abd. Rauf dan Siti Yuliaty Chansa Arfah, 2020.
Abon merupakan salah satu produk olahan daging yang sudah dikenal oleh orang banyak dan umumnya diolah dari daging sapi. Pembuatan abon merupakan salah satu alternatif pengolahan daging sapi untuk penganekaragaman produk berbahan baku daging sapi serta untuk mencukupi kebutuhan protein masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi faktor internal (Kekuatan-Kelemahan) dan faktor eksternal (Peluang-Ancaman) dalam mendukung pengembangan usaha abon daging sapi pada UKM “CV. Iyam Mandiri”. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive) . Jumlah responden 7 yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 2 orang karyawan, 2 orang konsumen, 1 orang dinas perindustrian dan perdagangan kota palu, dan 1 orang pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskripsi dan analisis SWOT.
Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan usaha abon daging sapi pada UKM “CV. Iyam Mandiri” berada pada strategi ST yaitu kuadran II, di mana pada posisi ini mengatasi ancaman yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternatif strategi yaitu (a) Memaksimalkan penggunaan modal dalam pembelian bahan baku guna mengantisipasi ancaman kenaikan harga bahan baku, (b) mempertahankan cita rasa yang khas guna mengantisipasi perubahan selera konsumen dan menghadapi persaingan dengan UKM sejenis, (c) memanfaatkan kemasan produk menarik serta cita rasa yang khas guna mengantisipasi persaingan akibat adanya produk subtitusi.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Usaha Abon Daging Sapi, Analisis SWOT.
Tidak tersedia versi lain