Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Keripik Sukun pada Industri Rumah Tangga Citra Lestari Production di Kota Palu
AULIAH ANSHORI ( E 321 15 067 ) Strategi Pengembangan Usaha Keripik Sukunpada Industri Rumah Tangga Citra Lestari Production di Kota Palu.Dibimbing olehMade Antara dan Made Krisna Laksmayani.Tanaman sukun (Artocarpus altilis park) merupakan salah satu jeniskomoditi yang dapat diolah lebih lanjut dalam kegiatan agroindustri.Agroindustriadalah kegiatan yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku,Pengolahan bahan baku bersumber dari produksi pertanian menjadi bahan jadiatau bahan setengah jadi merupakan sektor yang sangat besar peranannya dalammeningkatkan pendapatan masyarakat. Pada prinsipnya usaha agroindustri adalahuntuk meningkatkan nilai tambah bahan baku dan input lainya yang digunakandalam proses produksi.Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yangberpengaruh dalam pengembangan usaha keripik sukun pada industri rumahtangga Citra Lestari Production serta menentukan alternatif strategi yang tepatuntuk diterapkan bagi pengembangan usaha.Metode penentuan respondendilakukan dengan menggunakan metode secara acak (Purposive)dengan 6responden. Analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT.Penelitian inidilaksanakan pada bulan Juni – Agustus selama 3 bulan 2019. Hasil analisismemperlihatkan hasil analisis dan pembahasan dengan menggunakan analisisSWOT maka dapat disimpulkan bahwa strategi pengembangan usaha keripiksukun yang dapat diaplikasikan pada industri rumah tangga Citra LestariProduction yaitu dengan meminimalisir kelemahan dengan cara memanfaatkankekuatan dan peluang sebesar-besarnya sehingga kelemahan dapat tertutupi(Strategi S-O). Posisi kuadran berada pada kuadran satu dengan nilai skor 4,24 pada posisistrategi yaitu meminimalisir kelemahan dengan memanfaatkan peluang yang adapada industri. Meningkatkan kualitas produk serta mencari alternatif lainya untukmendapatkan bahan baku yang cukup sehingga permintaan konsumen dapatterpenuhi, memanfaatkan peluang pasar yang ada dengan memaksimalkan mediapromosi untuk mengenalkan produk konsumen sehingga dapat bersaing denganindustri-industri keripik yang ada di Kota Palu, memanfaatkan dukunganpemerintah dengan adanya pameran sehingga memberikan peluang produk lebihdikenal luas dengan harga produk terjangkau dikalangan masyarakat.
Tidak tersedia versi lain