Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Kayu Hitam Pada Industri Sumber Urip Ebony di Kota Palu
Ulifah Setianingrum (E 321 16 058). Strategi Pemasaran Usaha Kerajinan Kayu HitamPadaIndustriSumberUripEbonydiKotaPalu.DibimbingolehArifuddin Lamusa dan Moh Alfit A. Laihi,2020.Bumi Sulawesi memiliki keunikan alam tersendiri. Daerahnya yang memiliki karakter topografi curam banyak menyimpan kekayaan alam yang bernilai. Salah satu emas hijau yang tumbuh di Sulawesi adalah kayu hitam atau Kayu Eboni. Pohon ini menghasilkan kayu yang berkualitas. Warna kayu coklat gela kehitaman atau hitam berbelang-belang kemerahan. Kayu Sulawesi ini dalam perdagangan internasional dikenal Macassar Ebony,Coromandel Ebony, Streaked Ebony atau juga Black Ebony. Berat jenis kayu Ebonymelebihi berat jenis air, sehingga tidak dapat mengapun. Jenis kayu Ebonyini sangatlah unik dan jarang ditemukan di Negara-negara lain, karena keunikan kayu ini banyak industry kerajinan tangan memanfaatkan kayu ini dijadikan berbagai Souvenir dan Furniture. Jenis kayu ini dapat memberikan nilai tambah terhadap produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari industry yang memanfaatkan jenis kayu ini.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikondisifaktorinternal(Kekuatandan Kelemahan) dan Faktor Eksternal (Peluang dan Ancaman) dalam mendukung pemasarausahakerajinankayuhitamdanalternatifstrategiapayangdapatditerapkan dalampemasaranusahakerajinankayuhitampadaIndustriSumberUripEbonydiKota Palu. Penelitian ini dilaksanakan di Industri Sumber Urip Ebony pada bulan April hingga bulan Juni 2020. Penetuan responden dilakukan secara sengaja (purposive). Sampelpenelitianinisebanyak6orang,yaitu4orangdariindustriSumberUripEbony (1 orang pemilik usaha, 1 orang karyawan produksi, 1 orang yang memahami manajemenusahadan1orangkaryawanpemasaran),1orangdari DinasPerindagkop Kota Palu dan 1 orang konsumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisisSWOT.Hasil analisis menunjukan bahwa pemasaran usaha kerajinan kayu hitam beradapadastrategiSOyaitukuadranI,dimanapadaposisiinimemanfaatkanpeluang yangadadengancaramenggunakankekuatanyangdimiliki.Alternatifstrategiyaitu (a) mempertahankan dan meningkatan kualitas produk dengan teknologi dan sarana yang memadai serta memanfaatkan tenaga kerja yang terampil dan pengalaman. (b) memanfaatkan daerah yang mendukung dengan adanya peluang dan pelayanan yang memuaskan.
Tidak tersedia versi lain