Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Pemasaran Pada IndustriTahu DM di Kecamatan Palu Barat Kota Palu
PRASETYO (E 321 17 210). Strategi Pengembangan Pemasaran Pada Industri Tahu DM di Kecmatan Palu Barat Kota Palu (dibimbing oleh ArifuddinLamusadan Shintami R. Malik)Berdasarkan observasi yang telah dilakukan masih terdapat kendala-kendala yang menjadi faktor kelemahan dan ancaman bagi usahaini untuk lebih mengembangkan usahanya,faktor eksternal yang belum maksimal dalam hal pemasaran kegiatan promosi dan pemasaran industri tahu “DM” tidak menggunakan media iklan,” yaitu dengan cara menjual langsung sesuai dengan permintaan konsumen dan faktor internal pemgian kerja karyawan yang belum baik, sehingga mengakibatkan pendapatan industri tahu berfluktuasi, hal inilah yang mendasari penulis tertarik untuk meneliti tentang strategi pengembangan usaha tahu pada industri tahu “DM” di Kota PaluPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi Faktor –faktor apakah yang mendukung strategi pengembangan pemasaran pada Industri Tahu DM di Kota Palu (2) Merumuskan strategi pengembangan Pemasaran usaha industri Tahu DM di Kota Palu, dengan memanfaatkan faktor internal dan faktor eksternal. Jumlah responden yang diwawancarai sebanyak 5 orang responden dipilih dari pihak-pihak inetrnal dan eksternal. Responden dari pihak internal yaitu 1 orang pimpinan industri dan 2 orang tenaga kerja Industri Tahu DM. Responden dari pihak eksternal yaitu 2 orang konsumen Industri Tahu DM. analisis yang digunkan adalah analisis SWOT. Hasil analisis menunjukan bahwa kondisi yang tepat untuk diterapkan dalam strategi pemasaran tersebut adalah terletak pada kuadran I yaitu strategi (S-O). Strategi yang dihasilkan yaitu, (1) Memanfaatkan kualitas produk untuk lebih meningkatkan dan memenuhi permintaan yang cendrung meningkat, (2) Memanfaatkan harga terjangkau guna untuk menangkap peluang untuk menarik minat para konsumen, (3) Menggunakan modal yang dimiliki untuk mengikuti perkembangan media promosi serta memperluas pemasaran.
Tidak tersedia versi lain