Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong
Nur intan wulandari (E 321 13 199) Analisis Pemasaran Beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong (dibimbing oleh Dr. Ir. Hj. Hadayani, Ms dan Dr. Yulianti Kalaba, Sp., MP)Sektor pertanian merupakan salah satu basis yang sangat diharapkan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, baik pada saat ini maupun dimasa yang akan datang. Pembangunan disektor pertanian perlu mendapat perhatian yang serius dari beberapa pihak, mengingat bahwa hampir sebagian besar masyarakat Indonesia hidup dan bermata pencaharian sebagai petaniTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran beras, mengetahui margin pemasaran, mengetahui besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-masing saluran pemasaran, dan mengetahui efesiensi pemasaran di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Suli IndahKecamatan Balinggi. Mengambil sebanyak 38 responden dari 250 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling), sedangkan pemilihan sampel pedagang digunakan metode penjajakan (Tracing Sampling), yakni 1 orang pedagang pengumpul dan 2 orang pedagang pengecer. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran beras di Desa Suli Indah ada dua saluran yaitu : 1.Produsen → Pedagang Pengecer → konsumen2.Produsen → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → KonsumenTotal margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 1.000,00/Kg dan total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu Rp. 1.600,00/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 84,21 % dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 80 %, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani pada saluran pertama. Saluran pertama nilai efesiensinya sebesar 2,94 %, sedangkan saluran kedua nilai efesiensinya sebesar 10,42 %. Dari dua saluran pemasaran beras tersebut,saluran pemasaran yang efesien adalah saluran pertama. Kata Kunci: Pemasaran, Margin Pemasaran, Market Share Pemasaran, Beras
Tidak tersedia versi lain