Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong

NUR INTAN WULANDARI - Nama Orang;

Nur intan wulandari (E 321 13 199) Analisis Pemasaran Beras di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong (dibimbing oleh Dr. Ir. Hj. Hadayani, Ms dan Dr. Yulianti Kalaba, Sp., MP)Sektor pertanian merupakan salah satu basis yang sangat diharapkan dalam menunjang pertumbuhan ekonomi, baik pada saat ini maupun dimasa yang akan datang. Pembangunan disektor pertanian perlu mendapat perhatian yang serius dari beberapa pihak, mengingat bahwa hampir sebagian besar masyarakat Indonesia hidup dan bermata pencaharian sebagai petaniTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran beras, mengetahui margin pemasaran, mengetahui besarnya bagian harga yang diterima oleh petani (produsen) pada masing-masing saluran pemasaran, dan mengetahui efesiensi pemasaran di Desa Suli Indah Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Suli IndahKecamatan Balinggi. Mengambil sebanyak 38 responden dari 250 petani dengan menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling), sedangkan pemilihan sampel pedagang digunakan metode penjajakan (Tracing Sampling), yakni 1 orang pedagang pengumpul dan 2 orang pedagang pengecer. Hasil analisis menunjukkan bahwa saluran pemasaran beras di Desa Suli Indah ada dua saluran yaitu : 1.Produsen → Pedagang Pengecer → konsumen2.Produsen → Pedagang Pengumpul → Pedagang Pengecer → KonsumenTotal margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran pertama yaitu sebesar Rp 1.000,00/Kg dan total margin pemasaran beras yang diperoleh untuk saluran kedua yaitu Rp. 1.600,00/Kg. Bagian harga yang diterima petani pada saluran pertama sebesar 84,21 % dan bagian harga yang diterima petani pada saluran kedua sebesar 80 %, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani pada saluran pertama. Saluran pertama nilai efesiensinya sebesar 2,94 %, sedangkan saluran kedua nilai efesiensinya sebesar 10,42 %. Dari dua saluran pemasaran beras tersebut,saluran pemasaran yang efesien adalah saluran pertama. Kata Kunci: Pemasaran, Margin Pemasaran, Market Share Pemasaran, Beras


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2021045agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 70 hlm.: ilus,; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
NUR INTAN WULANDARI
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?