Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan Pada Industri Sa'adah Agency di Kota Palu
Febrianto (2020) Strategi Pengembangan Usaha Cokelat Olahan Pada Industri Sa’adah Agency di Kota Palu. Dibimbing oleh Christoporus dan Karlina Muhsin Tondi, 2020.Cokelat olahan merupakan salah satu produk hasil pertanian yang memiliki prospek serta peluang pasar yang baik. Cokelat olahan bisa dijadikan oleh-oleh dan memiliki nilai tambah yang besar dalam meningkatkan pendapatan industri yang mengolah cokelat olahan tersebut. Salah satu industri yang memproduksi produk olahan cokelat di Kota Palu adalah industri Sa’adah Agency.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha cokelat olahan pada industri Sa’adah Agency di Kota Palu. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 orang yang terdiri dari 3 orang dari pihak internal dan 3 orang dari pihak eksternal. Penelitian ini dilaksanakan di industri Sa’adah Agency pada bulan Mei –Juli 2020, data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan responden yaitu pimpinan industri Sa’adah Agency, karyawan industri Sa’adah Agency dan konsumen, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait dan literature yang relevan dengan tujuan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.Hasil analisis dengan menggunakan matriks SWOT IFAS dan EFAS bahwa posisi strategi industri Sa’adah Agency berada pada kuadran I yaitu pada posisi strategi Kekuatan –Peluang (SO) beberapa strategi pengembangan usaha cokelat olahan yang tepat untuk diaplikasikan pada industri Sa’adah Agency yaitu (1) Memanfaatkan bahan baku yang memadai dengan sebaik mungkin seingga memiliki produk cokelat olahan yang berkualitas baik, (2) Memanfaatkan produk serta memberikan beberapa macam varian rasa cokelat sehingga dapat bersaing dengan IKM-IKM lainnya, (3) Memiliki harga yang terjangkau di kalangan masyarakat sehingga memungkinkan produk tersebut dapat dipasarkan diberbagai kalangan serta menjaga dan meningkatkan kualitas produk sehingga dapat menjadi produk unggulan pemerintah Kota Palu.
Tidak tersedia versi lain