Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pemasaran Abon Ikan Pada UKM Diana di Kota Palu
Sri Wahyuni(E 321 17 289) Strategi Pemasaran Abon Ikan pada UKM “Diana” diKota Palu, Dibimbing oleh Arifuddin Lamusa danMuh. Fardhal PratamaSektor perikanan merupakan salah satu sector yang penting bagi hajat hidup masyarakat Indonesia dan dapat dijadkan sebagai penggerak utama (Prime Mover) perekonomian nasional. Berdasarkan datadilapangan menunjukan bahwa sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar salah satu cara yang harus dilakukan untuk memanfaatkan ikan sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, yaitu mengelolanya menjadi abon ikan. Usaha pengolahan abon ikan ini dikategorikan ke dalam agroindustri dan kebanyakan usaha ini dilakukan oleh usaha kecil menengah yang tergolong dalam industri rumah dan industripengolahan. UKM “Diana” merupakan salah satu UKM yang menghasilkan berbagai macam produk. Produk –produk yang dihasilkan adalah abon ikan, abon sapi, abon roa, dan aneka macam kue kering. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui strategi yang digunakan oleh UKM “Diana” dalam memasarkan produk abon ikan di Kota Palu. Penentuan sampel ditentukan secara sengaja (purposive), jumlah sampel sebanyak 5orang, yaitu pimpinan UKM “Diana”, 2 orang karyawan, dan 2orangkonsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaituanalisis deskripsi dan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemasaran di UKM “Diana” berada pada strategi SO yaitu kuadran I, di mana pada posisi ini memanfaatan peluang yang ada dengan cara menggunakan kekuatan yang dimiliki. Alternative strategi yaitu (a) Memanfaatkan tempat yang strategis untuk memenuhi permintaan yang cenderung meningkat. (b) Mempertahankan kualitas produk, serta memaksimalkan dukungan dan binaan dari pemerintah yang ada untuk memanfaatkan peluang agar dapat meningkatkan pemasaran UKM “Diana”. (c) Menggunakan merek produk yang mulai dikenal untuk lebih meningkatkan permintaan produk berdasarkan tingkat kepercayaan konsumen yang ada.
Tidak tersedia versi lain