Perpustakaan Fakultas Pertanian

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Sosial Ekonomi Pertani

Analisis Pemasaran Beras Di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala

ILHAMSYAH - Nama Orang;

Ilhamsyah (E 321 16 001) Analisis Pemasaran Beras Di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala (dibimbing oleh Christoporus dan Siti Yuliaty Chansa Arfah) 2020.Pemasaran komoditi pertanian seringkali dijumpai adanya saluran pemasaran yang panjang, sehingga banyak pelaku lembaga pemasaran yang terlibat dalam rantai pemasaran tersebut, akibatnya adalah terlalu besarnya keuntungan pemasaran (Marketing Margin) yang diambil oleh para pelaku pemasaran.Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran beras di Desa Tonggolobibi, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterimah oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efesiensi pemasaran beras di Desa Tonggolobibi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Mengambil sebanyak 41 responden dari 500 KK menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method), dan untuk menentukan responden pedagang digunakan metode bola salju(Snowball Sampling) sebanyak 7orangpedagangdan6orangkonsumen.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Desa Tonggolobibi dan yang paling efesien adalah saluranpertama, karena saluran pertama lebih pendek dibandingkan dengan saluran pemasaran kedua dan ketiga.Total margin pemasaran beraspada saluran pertamasebesarRp.1.300,00, saluran keduasebesar Rp.1.800,00,dan saluran ketigasebesar Rp.2.800,00. Total margin pada saluran pertama lebih kecil dibandingkan pada saluran kedua dan ketiga. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertamayaitu sebesar 85,05%, saluran keduayaitu sebesar 80,43% dan saluran ketiga sebesar 72,54%, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 6,75%, saluran kedua 10,13%, danuntuk saluran ketiga sebesar 14,86%, dari ketiga saluran pemasaran beras tersebut saluran pemasaran yang paling efesien adalah saluranpemasaran pertama.


Ketersediaan
#
My Library Belum memasukkan lokasi
2021074agb
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Palu : Fak. Pertanian Untad., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 72 hlm.: ilus,; 29,5 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
ILHAMSYAH
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Pertanian
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?