Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Pemasaran Beras Di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala
Ilhamsyah (E 321 16 001) Analisis Pemasaran Beras Di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala (dibimbing oleh Christoporus dan Siti Yuliaty Chansa Arfah) 2020.Pemasaran komoditi pertanian seringkali dijumpai adanya saluran pemasaran yang panjang, sehingga banyak pelaku lembaga pemasaran yang terlibat dalam rantai pemasaran tersebut, akibatnya adalah terlalu besarnya keuntungan pemasaran (Marketing Margin) yang diambil oleh para pelaku pemasaran.Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran beras di Desa Tonggolobibi, besarnya margin pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran beras, besarnya bagian harga yang diterimah oleh petani pada masing-masing saluran pemasaran beras, dan mengetahui efesiensi pemasaran beras di Desa Tonggolobibi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tonggolobibi Kecamatan Sojol Kabupaten Donggala. Mengambil sebanyak 41 responden dari 500 KK menggunakan metode sampel acak sederhana (Simple Random Sampling Method), dan untuk menentukan responden pedagang digunakan metode bola salju(Snowball Sampling) sebanyak 7orangpedagangdan6orangkonsumen.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran yang ada di Desa Tonggolobibi dan yang paling efesien adalah saluranpertama, karena saluran pertama lebih pendek dibandingkan dengan saluran pemasaran kedua dan ketiga.Total margin pemasaran beraspada saluran pertamasebesarRp.1.300,00, saluran keduasebesar Rp.1.800,00,dan saluran ketigasebesar Rp.2.800,00. Total margin pada saluran pertama lebih kecil dibandingkan pada saluran kedua dan ketiga. Besarnya bagian harga yang diterima petani pada saluran pertamayaitu sebesar 85,05%, saluran keduayaitu sebesar 80,43% dan saluran ketiga sebesar 72,54%, sehingga bagian harga yang paling besar diterima petani adalah pada saluran pertama. Nilai efesiensi pemasaran Saluran pertama sebesar 6,75%, saluran kedua 10,13%, danuntuk saluran ketiga sebesar 14,86%, dari ketiga saluran pemasaran beras tersebut saluran pemasaran yang paling efesien adalah saluranpemasaran pertama.
Tidak tersedia versi lain