Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Tuna Pada CV. Iyam Mandiri di Kota Palu
Intan Nugrawati (E 321 16 152). Strategi Pengembangan Usaha Abon Ikan Tuna padaCV. Iyam Mandiridi Kota Palu. Dibimbing oleh DafinaHowara, dan IhdianiAbubakar, 2020 Abon merupakan salah satu produk olahan yang sudah dikenal oleh orang banyak dan umumnya abon diolah dari daging sapidan ikan, pembuatan abon merupakan salah satu alternatif pengolahan ikan, untuk menginspirasi kelimpahan produksi ataupun untuk penganekaragaman produk perikanan, abon bentuknya seperti serat, karena sebagian besar didominasi oleh serat-serat otot yang mengering.Salah satu perusahaan agroindustri yang menghasilkan produk abon ikan di Kota Palu adalah CV. Iyam Mandiri. Abon ikan yang diproduksi oleh CV. Iyam Mandiri banyak diminati oleh para konsumen dikarenakan abon ikan ini memiliki cita rasa yang khas, namun volume produksi/persediaan abon ikan masih dalam jumlah sedikit, sehingga tidak dapat memenuhi semua permintaan konsumen, teknologi yang digunakan dalam proses produksi belum memadai, pemasaran yang dilakukan CV. Iyam Mandiri masih belum efektif karena belum memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, promosi hanya dilakukan secara mulut ke mulut, dan toko tempat menjual abon ikan juga tidak strategis karena berada di Huntara, sehingga melihat masalah tersebut,peneliti bertujuan untuk mengetahui strategi alternatif apa yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha abon ikan pada CV. Iyam Mandiri di Kota Palu LokasiPenelitian ini bertujuan untuk mengetahuistrategi alternatif apa yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan usaha abon ikan pada CV. Iyam Mandiri. Penentuan responden ditentukan secara sengaja (Purposive) . Jumlah responden 6yang terdiri dari 1 orang pemimpin, 2 orang karyawan, 1orang konsumen, 1 orang dinas perindustrian dan perdagangankota palu, dan 1 orang pesaing. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis SWOT.Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa pengembangan usaha abon daging sapi pada CV. Iyam Mandiri berada pada strategi SOyaitu kuadran I, di mana pada posisi inimenciptakan strategi yang menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Alternatifstrategi yaitu (a)Memperluas jaringan pemasaran yaitu bekerja sama dengan pemerintah dengan memanfaatkan media promosi dan kualitas produk, (b) Memanfaatkan teknologi dan mempertahankan kualitas produk serta cita rasa yang khas, (c) memanfaatkan penggunaan modal awal sendiri untuk pangsa pasar baru, (d) Memanfaatkan bantuan pemerintah berupa tempat usaha dan modal, sehingga letakusaha menjadi strategis, dan memilikipangsa pasar luas.
Tidak tersedia versi lain