Skripsi Sosial Ekonomi Pertani
Analisis Saluran Pemasaran Ikan Mujair dari Desa Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi
Sarifah Humaira Assagaf(E 321 16067) Analisis Saluran Pemasaran Ikan Mujair dari Desa Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi,dibimbing oleh Marhawati M dan Alimudin Laapo, 2019Pemasaran Ikan Mujair umumnya di pasarkan di Palu dan sekitarnya.Harga jual ikan mujair di tingkat produsen atau nelayan di Desa Tomado pada saluran I yaitu Rp. 6.000/Kg harga tersebut jauh berbeda dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir sebesarRp. 25.000/kg. Sedangkan harga jual ikan mujair di tingkat produsen pada saluran II yaitu Rp. 8.000/kg harga tersebut juga sangat jauh berbeda dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen akhir sebesar Rp. 25.000/kg. Melihat perbedaan harga yang cukup tinggi antara jumlahharga yang dibayarkan oleh konsumen akhir dengan jumlah harga yang diterima nelayan diakibatkan adanya keterlibatan lembaga pemasaran dalam proses pembelian dan menyalurkan ikan, dimana lembaga yang terlibat dalam proses tersebut mengeluarkan biaya dan mengambil keuntungan dalam pemasaran. Besarnya biaya yang dikeluarkan akan mempengaruhi harga ikan yang dipasarkan hal ini berdampak pada besarnya margin pemasaran ikan pada masing-masing lembaga, semakin panjang saluran pemasaran maka harga yang diperoleh oleh konsumen akhir akan semakin tinggi, sehingga bagian harga yang diterima nelayan semakin kecil dan akibatnya pemasaran ikan mujair kurang efisien.Hal iniyang mendorong penulis melakukan penelitian dengan judul “AnalisisSaluran Pemasaran Ikan Mujair dari Desa Tomado Kecamatan Lindu Kabupaten SigiTujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bagaimana bentuk saluran pemasaran dan margin pemasaran ikan mujair di Desa Tomado, (2) Bagaimana tingkat efisiensi dan hargayang diterima di tingkat nelayan di Desa Tomado.Penelitian ini dilaksanakan di Desa TomadoKecamatan LinduKabupaten Sigi pada bulan Desember2019.Penentuan responden dipilih dengan teknik pengambilan sampel secara acak sederhana. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin yang diperoleh 38 sampel, analisis yang digunakan yaituanalisis Margin Pemasaran M = Hp –Hb, MT = M1 + M2 + M3 +...+Mndan analisis yang kedua yaitu analisis Efisiensi Pemasaran Eps = (TB/TNP) x 100% analisis yang ketiga yaitu analisis Farmers Shere Sf = Pf/Pr x 100 %.Hasil penelitian menujukan bahwaSaluran Pemasaran ikan mujair yang ada di Desa Tomado yaitu ada 2, saluran (I) Nelayan Pedagang Pengumpul –Pedagang Besar Pedagang Pengecer Konsumen. Saluran (II) Nelayan -Pedagang Besar Pedagang Pengecer Konsumen. Margin Pemasaran pada saluran (I) sebesar Rp. 19.000, saluran (II) sebesar Rp. 17.000. Efisiensi Pemasaran pada salura (I) yaitu 2,33 %, saluran (II) yaitu 3,60%. Sedangkan bagian harga yang diterima nelayan atau Farmers Shere pada saluran (I) yaitu 24 % sedangkan pada saluran (II) 32%.
Tidak tersedia versi lain